Home Politik Komando Alumni Lemhanas Jambi di Tangan Mantan Ketua PWI

Komando Alumni Lemhanas Jambi di Tangan Mantan Ketua PWI

Jambi, Gatra.com – Drs. H. Mursyid Sonsang, M.Pd resmi dilantik menjadi Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas (IKAL) Komisariat Provinsi Jambi. Mursyid dilantik bersama pengurus Bengkulu, Papua Barat dan Gorontalo di Kantor Lemhanas RI di Jalan Merdeka Selatan Jakarta pada Jumat (29/11) kemarin.

"Terbentuknya IKAL sebagai wadah yang membantu pemerintah memantapkan nilai-nilai kebangsaan," ujar Mursyid kepada Gatra.com, Sabtu (30/11).

Mantan Ketua PWI Provinsi Jambi dua periode ini merupakan Alumni Lemhanas PPSA 18 tahun 2012. Di Lemhanas, ia seangkatan dengan mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Letjen TNI Doni Monardo dan para perwira tinggi TNI-Polri lainnya. Pada kesempatan itu, ia mengajak semua alumni Lemhanas baik PPSA, PPRA, P3DA dan Taplai yang ada di Jambi untuk bergabung.

"Sama-sama bersinergi memajukan daerah," kata suami DR. Asnelly Ridha Daulay ini.

Ketua IKAL Pusat, Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menyatakan, salah satu tugas dan keberadaan IKAL menangkal paham radikal dari kelompok komunis, liberal dan agama apa pun.

"Paham radikal bagi siapa pun yang ingin mengganti Pancasila dengan paham lain. Tidak ada kaitannya dengan agama Islam," kata Agum.

IKAL Jambi merupakan komisariat yang ke-28 dari 34 Provinsi di Indonesia. Menurut Agum, komisariat IKAL harus tuntas terbentuk di seluruh Indonesia menjelang pelaksanaan Munas pada Juni 2020 mendatang. Agum berpesan kepada para alumni Lemhanas di seluruh Indonesia semakin memantapkan paham kebangsaan terutama ke kaum milenial dengan berbagai metode.

"Seperti yang dilakukan kawan-kawan kita di Aceh, mereka menyampaikan paham kebangsaan melalui ngopi bareng yang bertakjub ngopi kebangsaan, ide ini sangat kreatif," kata Agum.

Susunan Kepengurusan Komisariat IKAL Provinsi Jambi sebagai Dewan Pembina adalah Forkompinda Provinsi Jambi, Dewan Penasehat sebagai Ketua DR. Adi Rozal, MSi (PPRA 48), Anggota : Brigjen Pol. Drs. Charles Bonardo Sadatua Nasution, M.Si (PPRA 48), Kombes Pol. Hari Nartanto ( PPRA 55), Dr. Jonni Mardizal, MM (PPRA 53). Pengurus Harian, Ketua Drs. Mursyid Sonsang, M.Pd (PPSA 18), Sekretaris : Dr. Dessy Marhandrie (PPRA 56), dan Bendahara Hasminidiarty, SE, M.Si (PPSA 22).

476