Home Teknologi Kita Mungkin Punya Bukti Kehidupan Alien Tetapi Tidak Sadar

Kita Mungkin Punya Bukti Kehidupan Alien Tetapi Tidak Sadar

Jakarta, Gatra.com -- Bukti kehidupan di planet lain mungkin sudah duduk di hard drive di Bumi, tetapi kita mungkin tidak menyadari keberadaannya, seorang filsuf sains mengklaim. Pertanyaan apakah kita 'sendirian di alam semesta' adalah pertanyaan yang telah direnungkan oleh para ilmuwan, penulis, dan filsuf selama beberapa generasi. Ada banyak misi yang diluncurkan untuk mencari kehidupan di luar Bumi dan penulis telah menulis banyak buku tentang masalah ini. Demikian dailymail.com, 2/1.

Profesor filsafat ilmiah, Peter Vickers dari Durham University, mengatakan para ilmuwan perlu memiliki pikiran terbuka ketika mempertimbangkan kehidupan di tempat lain. Dalam sebuah artikel untuk The Conversation, ia mengatakan pemikiran konvensional atau pemikiran bias terhadap kehidupan seperti yang kita tahu, dapat menyebabkan kita kehilangan penemuan besar.

"Ini mungkin bukan manusia hijau kecil, tetapi para ilmuwan perlu memiliki pikiran terbuka ketika mempertimbangkan kehidupan di tempat lain di alam semesta," kata Peter Vickers.

"Banyak terobosan terjadi secara tidak sengaja, dari penemuan penisilin hingga penemuan radiasi latar gelombang mikro kosmik yang tersisa dari Big Bang," kata profesor filsafat itu dalam artikel itu.

'Ini sering mencerminkan tingkat keberuntungan atas nama para peneliti yang terlibat. Ketika datang ke kehidupan asing, apakah cukup untuk menganggap 'kita akan tahu ketika kita melihatnya'?

Salah satu teknik yang dapat digunakan para ilmuwan dalam mencoba mengidentifikasi kehidupan alien adalah dengan mencari biosignatures - yaitu zat apa pun yang memberikan bukti ilmiah kehidupan masa lalu.

Itu bisa berupa elemen, isotop atau molekul yang akan membutuhkan kehidupan agar dapat hadir di lingkungan tertentu. "Beberapa tahun terakhir telah melihat perubahan pada teori kami tentang apa yang dianggap sebagai biosignature dan planet mana yang mungkin layak huni, dan perputaran lebih lanjut tidak bisa dihindari," kata Dr Vickers.

"Tapi yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah menafsirkan data yang kita miliki dengan teori terbaik kita saat ini, bukan dengan ide masa depan yang belum kita miliki," katanya.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa itu adalah umum untuk exoplanet jauh yang mengorbit bintang yang jauh untuk memiliki air di atmosfer mereka.

Para ilmuwan dari University of Cambridge menjelajahi komposisi 19 planet ekstrasurya selama lima tahun dan menemukan bahwa air sering terlihat tetapi dalam jumlah rendah.

Sebanyak 14 dari planet tersebut memiliki uap air mengambang di atmosfernya, dan bahan kimia utama natrium dan kalium masing-masing hadir di enam planet.

Sangatlah penting bagi para peneliti untuk mendekati setiap pencarian masa depan untuk kehidupan dengan pikiran terbuka dan bersiaplah untuk menemukan 'yang tak terduga', tulisnya.

"Mempelajari alam semesta yang sebagian besar tak terbelenggu dari teori bukan hanya upaya ilmiah yang sah - itu juga sangat penting," tegasnya. Ada banyak planet di jagat raya ini, sehingga peluang spesies asing berevolusi, peristiwa pada tingkat mikroba, sangat tinggi, kata para astronom.

Salah satu gambar Teleskop Luar Angkasa Hubble yang paling terkenal adalah hampir 10.000 galaksi di wilayah kecil langit malam yang disebut Hubble Ultra Deep Field. Di setiap galaksi ada rata-rata sekitar 100 juta bintang dan setiap bintang cenderung memiliki setidaknya satu planet, menurut para peneliti planet ekstrasurya.

Survei paling luas tentang komposisi kimia atmosfer dari planet ekstrasurya hingga saat ini telah mengungkapkan tren yang menantang teori pembentukan planet saat ini dan menemukan bahwa air adalah hal biasa tetapi langka di dunia asing.

Badan-badan luar angkasa meluncurkan instrumen yang lebih sensitif untuk mencari planet ekstrasurya dan kehidupan asing di dalam galaksi-galaksi jauh dan di dalam Bima Sakti kita sendiri.

Beberapa bahkan berburu 'di belakang' rumah. Ada empat misi yang diluncurkan untuk Mars tahun ini dan tiga di antaranya memburu kehidupan di Planet Merah sebagai tujuan utama.

Misi juga sedang direncanakan untuk mencari kehidupan di bulan-bulan yang mengorbit planet raksasa gas, dan teleskop sedang memburu planet-planet di zona layak huni bintang-bintang lainnya.

Salah satu contohnya adalah teleskop HabEx yang direncanakan US$ 7 miliar dari NASA yang akan diluncurkan pada 2030-an dalam pencarian 10 tahun untuk 'Bumi kedua' dalam galaksi Bima Sakti.

Badan Antariksa Eropa telah meluncurkan satelit Cheops-nya yang akan memburu planet-planet yang layak huni dan NASAs TESS telah menemukan exoplanet sejak 2018. Dengan penemuan lebih dari 4.000 exoplanet, dan satu lagi ditemukan setiap hari, pencarian kehidupan sudah mulai bergeser dari tata surya. Ada lusinan 'planet yang berpotensi laik huni' yang mengorbit bintang-bintang alien - ketika mencari mereka yang memiliki posisi yang mirip dengan Bumi dan dengan riasan mirip Bumi.

4435