Home Olahraga Stadion Mandala Krida Direnovasi Rp60 M, PSIM Pindah Markas

Stadion Mandala Krida Direnovasi Rp60 M, PSIM Pindah Markas

Yogyakarta, Gatra.com – Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebut proyek renovasi Stadion Mandala Krida Yogyakarta dimulai pada Maret 2020 dan membutuhkan Rp60 miliar. Stadion tersebut direnovasi karena menjadi salah satu venue utama Piala Dunia U-20 tahun depan.

“Rencana (renovasi) Maret, kemudian selesai akhir tahun nanti. Untuk dananya sekitar Rp60 miliar,” kata pembina klub sepak bola PSIM Yogyakarta ini saat ditemui di Wisma PSIM, Kota Yogyakarta, Rabu (29/1).

Dana Rp60 miliar itu dikucurkan dari anggaran Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut Haryadi jumlah itu sudah dibahas oleh Pemda DIY dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Kan sudah diukur oleh PSSI. Untuk memasang single seat, menambah ruang ganti, memasang lampu, kemudian papan-papan informasi dan faktor safety juga,” katanya.

Selama proses renovasi sampai menjelang gelaran Piala Dunia U-20, lapangan stadion tak boleh digunakan. “Tidak boleh ada kegiatan di dalam. Tapi secara positif, kita punya stadion berkelas FIFA,” ucapnya.

Untuk itu, PSIM Yogyakarta tidak menggunakan stadion tersebut sebagai markas pada musim Liga 2 tahun ini. Tim berjuluk Laskar Mataram tersebut akan pindah markas di Stadion Sultan Agung, Kabupaten Bantul.

Untuk itu, selaku pembina PSIM, Haryadi mengatakan dia telah bertemu dengan Bupati Bantul Suharsono terkait penggunaan Stadion Sultan Agung. “Intinya Pak Bupati tidak keberatan. Namun beliau berpesan supaya dijaga keamanan dan ketertibannya,” katanya.

Saran Bupati Bantul itu tak lepas dari kerusuhan saat pertandingan terakhir PSIM musim 2019 di Stadion Mandala Krida. Ia tidak ingin kerusuhan itu terjadi di Bantul.

Apalagi Stadion Sultan Agung juga akan menjadi salah satu dari empat stadion satelit untuk Piala Dunia U-20 pada 2021. Tiga lapangan lainnya yakni Stadion Maguwoharjo, lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, dan lapangan Yogyakarta International School. Ketiga tempat ini berada di Kabupaten Sleman.  

“Saat Piala Dunia nanti kan ada empat negara yang bertanding di Yogyakarta. Masing-masing negara itu disiapkan tempat latihan yang memakai stadion satelit itu,” ucapnya.

428