Home Ekonomi Edhy Prabowo Bakal Pangkas Proses Perizinan Kapal Nelayan

Edhy Prabowo Bakal Pangkas Proses Perizinan Kapal Nelayan

Pati, Gatra.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo bakal memangkas proses perizinan kapal nelayan. Pasalnya, dalam kunjungannya di Kabupaten Pati, banyak nelayan yang mengeluh terganjal perizinan.
 
Ia mengatakan, akhir Februari mendatang persoalan tersebut bisa tuntas sehingga nelayan dapat melangsungkan aktivitas menangkap ikan di laut.
 
"Untuk nelayan, kami minta didata seperti apa. Urus izin kapal itu gak bertele-tele satu jam bisa selesai kalau mau. Mohon untuk didata dan diberikan kepada saya, biar segera saya selesaikan," ujarnya saat berkunjung di kabupaten berjuluk Bumi Mina Tani, Kamis (30/1).
 
Dalam pandangan berbeda, Bupati Pati, Haryanto mengatakan, dengan jumlah nelayan dan kapal yang cukup besar, tangkapan ikan di Kabupaten Pati untuk tahun ini kurang lebih mencapai 48 juta ton.
 
"Kalau jumlah nelayan di Pati, ada sebanyak 5 ribuan orang. Sedangkan kapalnya total ada 2.224," sebutnya.
 
Dari jumlah kapal sebanyak itu, ia merinci, untuk kapal dengan kapasitas kurang dari 10 Gross Tonage (GT) ada sebanyak 1.163 kapal, lalu kapal 10 GT ada 300an, sementara kapal berkekuatan di atas 10 GT kurang lebih sebanyak 331 kapal.
108