Home Gaya Hidup Ada Corona, Kemenparekraf Pantau Ekosistem Pariwisata

Ada Corona, Kemenparekraf Pantau Ekosistem Pariwisata

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memantau perkembangan ekosistem pariwisata. Hal ini merupakan bagian dari upaya penanganan penyebaran virus corona.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, pihaknya saat ini sedang memfokuskan penanganan wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Indonesia. Upaya tersebut mulai dilakukan sejak meluasnya wabah virus corona dari negara-negara selain Cina.

“Sementara ini kami menambah peningkatan kualitas destinasi pariwisata melalui environment sustainability, health and hygiene, dan safety and security,” kata Wishnu di Jakarta, Selasa (3/3).

Wishu menuturkan, saat ini pemerintah telah memiliki SOP sesuai dengan standar internasional dalam menangani wisman. Selain itu, Kemenparekraf juga memiliki anggaran khusus yang diprioritaskan untuk menangani persoalan tersebut.

“Hal ini tidak hanya untuk menjaga keselamatan dan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia, tapi juga kondusifitas pariwisata Indonesia yang rentan dengan kondisi, persepsi, dan isu,” katanya.

Dalam hal penanganan virus corona,lanjut Wishnu, Kemenparekraf juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan. Terlebih, dua orang WNI yang tinggal di Indonesia telah dinyatakan positif terjangkit virus corona.

“Kami juga mengimbau kepada wisatawan atau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga imunitas tubuh dan memulai gerakan masyarakat hidup sehat sesuai dengan arahan pemerintah,” ujarnya.

82