Home Kebencanaan Kapolres Kebumen Imbau Warga Tidak Takbiran Keliling

Kapolres Kebumen Imbau Warga Tidak Takbiran Keliling

Kebumen, Gatra.com - Ibadah dan pemotongan hewan kurban pada perayaan hari raya Iduladha saat ini harus disesuaikan dengan protokol kesehatan. Menurut Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan, pihaknya tetap melakukan pengamanan Lebaran. Personelnya tekah di-plotting untuk melayani semua masyarakat yang membutuhkan.

"Berbeda dengan Idulfiri kemarin yang dalam masa pembatasan fisik dan sosial, Iduladha saat ini dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Polres bekerja sama dengan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kebumen akan memantau dan mengamankan pelaksanaan ibadah," kata AKBP Rudy Cahya di kantornya, Rabu siang (29/8).

Kapolres juga mengimbau agar warga tak melaksanakan takbir keliling yang berpotensi menyebabkan kerumunan massa. Selain itu, salat id dan penyembelihan hewan kurban juga harus sesuai dengan protokol kesehatan.

"Saya sarankan salat id di lapangan terbuka, jaga jarak, pakai masker, dan panitia harus menyediakan alat cuci tangan di beberapa tempat sekitar tempat pelaksanaan salat id," kata AKBP Rudy.

Selain itu, Rudy juga meminta agar pembagian daging kurban harus diatur antreannya. Semua demi mencegah adanya klaster penyebaran Covid-19 baru. 

Tahun ini, Polres Kebumen akan melaksanakan pemotongan hewan kurban di asrama polisi Kebumen. Kemudian, daging kurban akan dibagikan ke panti asuhan, pondok pesantren, dan masyarakat yang membutuhkan. 

132