Home Ekonomi BI NTT Buka Layanan Tukar Uang Kemerdekaan Edisi Terbatas

BI NTT Buka Layanan Tukar Uang Kemerdekaan Edisi Terbatas

Kupang, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) perwakilan Nusa Tenggara Timur (NTT) membuka layanan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) edisi terbatas memperingati HUT Kemerdekaan pecahan Rp75 ribu.

“BI sudah biasa mengeluarkan uang peringatan atau komemoratif money, berupa uang kertas, khusus peringatan atau peristiwa tertentu. Di NTT Bank Indonesia sudah mulai melayani penukaran secara kolektif untuk seluruh masyarakat,” kata Kepala BI NTT, I Nyoman Ariawan Atmaja, kepada wartawan saat jumpa pers mengenai penukaran UPK Senin, (7/9).

Seluruh Bank yang ada pada tiap Kabupaten /kota di NTT akan diminta untuk secara kolekktif. Ini baik untuk nasabah, keluarga maupun karyawan. Prosesnya harus untuk mengajukan permintaaan UPK ke BI sebagai bank sentral yang mendistribusikan UPK tersebut

“Proses penukaran UPK ini secara kolektif atau pribadi. Kami telah minta semua Bank yang ada di tiap Kabupaten / Kota untuk mengajukan penukaran ke BI. Baik itu untuk karyawan, nasabah, keluarga atau lainnya,” jelas I Nyoman Ariawan Atmaja

Dia menyebutkan Provinsi NTT mendapat jatah 900.000 lembar uang peringatan kemerdekaan ( UPK ) Indonesia ini. “Layanan penukaran UPK pecahan Rp75 ribu kepada semua lapisan masyarakat ini akan dibuka hingga 30 September yang akan datang. Jika saatnya nanti masih ada stok dari 900.000 lembar ini, akan dibuka lagi tahapan penukaran berikutnya ,” jelas I Nyoman Ariawan Atmaja.

102