Home Politik Jajaran Korem Makutarama Ziarah ke Makam Pahlawan

Jajaran Korem Makutarama Ziarah ke Makam Pahlawan

Semarang, Gatra.com- Jelang Hari Ulang Tahun ke-70 Kodam IV Diponegoro, jajaran Komando Resor Milter (Korem) 073 Makutarama Salatiga melakukan ziarah dan berdoa bersama di pusara Jenderal (Anumerta) Gatot Subroto di Ungaran, Kabupaten Semarang, pada kamis (1/10).

Kendati telah ditetapkan sebagai pahlawan nasoinal, namun Jenderal Gatot Soebroto tidak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan melainkan   di permakaman keluarga di wilayah Kelurahan Sidomulyo, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Almarhum Gatot Soebroto merupakan Pangdam IV/Diponegoro yang pertama, menjabat pada tahun 1950 sampai 1952. 

Kepala Staf Resor Militer (Kasrem)  073, Letkol Czi Hendro Edi Busono, mengatakan, ziarah ke makam Jenderal Gatot Subroto dalam rangka memeringati HUT ke-70 Kodam IV Diponegoro ini, juga untuk mengenang jasa pahlawan Jenderal Gatot yang telah mendirikan Kodam Diponegoro dan Pangdam yang pertama.

"Kebetulan peringatan ini bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober," katanya.

Kegiatan ziarah tersebut dilakukan dengan penerapan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Selain memimpin ziarah rombongan, Letkol Czi Hendro juga sebagai inspektur upacara (Irup) memimpin penghormatan kepada arwah para pahlawan.

Letkol Czi Hendro mengatakan, ziarah ini juga menjadi sarana bagi prajurit untuk mencontoh semangat perjuangan dari para pendahulu yang rela mengorbankan nyawa sekalipun demi tetap berkibarnya merah putih.

"Dengan semangat pantang menyerah yang telah dicontohkan para pahlawan, maka kita sebagai prajurit TNI wajib untuk terus menumbuhkembangkan guna dijadikan bekal dalam mengatasi hambatan dan tantangan tugas di masa depan," ujar Kasrem.

Turut hadir dalam ziarah rombongan tersebut, para Kasi Korem 073/Makutarama, Dandim 0714/Salatiga yang diwakili oleh Danramil Ungaran Kapten Inf. Sunarno, perwakilan dari Bintal Kodam IV/diponegoro Kapten Inf Mujiono.

456