Home Kesehatan PMI-Catchplay+ Kampanye Donor Darah dan Plasma Konvalesen

PMI-Catchplay+ Kampanye Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Jakarta, Gatra.com – Palang Merah Indonesia (PMI) dan Catchplay+ berkolaborasi untuk melakukan donor darah dan plasma konvalesen bagi pihak yang membutuhkan, termasuk pasien Covidi-19.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, dr. Linda Lukitari Waseso, mengatakan, dengan adanya kerja sama ini dapat membuat pasokan darah selama Ramadhan tidak mengalami penurunan.

Kolaborasi ini lahir menindaklanjuti laporan dari PMI soal menurunnya stok kantong darah hingga 50% pada masa pandemi Covid-19. Sementara itu, permintaan transfusi darah terus meningkat.

"Dengan adanya kerja sama ini, saya berharap stok darah di PMI pada bulan Ramadan tetap stabil," kata Linda dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4).

Menurutnya, kerja sama ini menunjukkan peran setiap sektor dalam membantu PMI untuk menyediakan darah yang aman dan selalu tersedia, termasuk plasma konvalesen bagi pasien Covid-19.

Sementara itu, Chief Marketing Officer, Apac, Catchplay+, Roy Soetanto, mengatakan, pihaknya menjalin kerja sama dengan PMI untuk mengampayekan #BeramaldiBulanSuci.

Tujuannya, lanjut Roy, untuk meningkatkan kesadaran akan kegiatan kemanusiaan dalam membangun ketahanan masyarakat, dukungan, dan pengelolaan upaya bantuan bencana kepada masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan ini.

Menurutnya, kampanye #BeramaldiBulanSuci melalui dua kegiatan, yakni kampanye donor darah dan donasi. Keduanya untuk mengajak masyarakat berbuat baik selama Ramadan.

Mulai 13 April hingga 12 Mei 2021, semua pendonor darah, baik reguler maupun plasma convalesen akan mendapatkan vocer gratis 30 hari berlangganan Catchplay+. Dengan paket langganan ini, pengguna bisa menonton sepuasnya ribuan jam film dan serial drama Hollywood, Asia, dan Inggris.

"Menontonnya di situs web serta aplikasi Catchplay+, di antaranya Doctor Who: Revolutions of The Daleks, Attack on Titan, Knives Out, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Dalam periode yang sama, para movie lovers di seluruh Indonesia juga bisa berdonasi ke PMI dengan menonton film apa pun di koleksi Single Rental Cacthplay+, termasuk film blockbuster terbaru Wonder Woman 1984, Tenet, dan Monster Hunter.

Roy mengungkapkan, dari setiap transaksi pengguna, akan otomatis didonasikan Rp3.000, tanpa biaya tambahan dari biaya sewa. Pihaknya sangat bersyukur bisa bekerja sama dengan PMI untuk kampanye ini dan bisa memberi andil dalam kebaikan.

"Memberi wadah bagi para movie lovers untuk berdonasi di bulan suci dengan cara mudah dan menyenangkan melalui Catchplay+," ujarnya.

Saat kampanye berakhir, donasi yang terkumpul dari seluruh transaksi Single Rental akan diserahkan kepada PMI untuk membantu proyek-proyek kemanusiaan PMI.

Ada 10 unit donor darah (UDD) yang terpilih untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, yakni PMI DKI Jakarta, PMI Tangerang, PMI District of Bekasi, PMI District of Bogor, PMI Bandung, PMI Surakarta, PMI Surabaya, PMI Semarang, PMI Bali, dan PMI Medan.

"PMI sangat berterimakasih atas bantuan dari berbagai sektor termasuk swasta yang memiliki kepedulian di bidang sosial kemanusiaan," kata Linda.

240