Home Politik Jabatan Pj Sekda Berakhir, Konfirmasi Kemendagri Setiap Hari

Jabatan Pj Sekda Berakhir, Konfirmasi Kemendagri Setiap Hari

Batanghari, Gatra.com - Menyikapi masa jabatan bagi Pj Sekda Batanghari, Jambi, sudah habis, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) setempat, mengaku hampir setiap hari konfirmasi ke Kemendagri.

Kepala BKPSDMD Kabupaten Batanghari, Mula P Rambe mengatakan, Surat Keputusan (SK) Sekretaris daerah (Sekda) definitif belum turun dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Padahal jabatan Mulawarmansyah sebagai Penjabat (Pj) Sekda yang dilantik pada 10 Agustus 2020 lalu, telah berakhir pada 15 Mei 2021. 

"Jabatan Pj Sekda sudah habis terhitung tanggal 15 Mei 2021. Makanya menunggu pelantikan Sekda definitif. Kita masih menunggu konfirmasi dari Kementerian Dalam Negeri," katanya dikonfirmasi Gatra.com, Selasa (18/5) melalui telepon genggam.

Menjelang ada Sekda definitif, kata dia, maka tugas Mulawarmansyah di jalankan Bupati, Wakil Bupati dan para Asisten sesuai dengan jalur koordinasi yang ada. Terutama bagi hal-hal yang prinsip, kalau hal-hal biasa tetap berjalan. 

"Mudah-mudahan sama-sama berdoa, dalam waktu dekat surat dari Kemendagri turun. Sampai sekarang belum ada, kita berharap segera," ucapnya.

Calon Sekda definitif hasil lelang jabatan semasa Bupati Syahirsah ada tiga nama, yakni; M Azan, Henry Jumiral dan M Arif Budiman. Dari tiga nama di atas, Bupati Batanghari cuma mengusulkan satu nama. Ia minta nama tersebut jangan di ekspos. 

"Cuma dak usah di tulis siapa nama itu, dak enak, tapi salah satu dari tiga nama yang mengikuti lelang jabatan," ujarnya.

"Hampir setiap hari konfirmasi ke Kemendagri, namun jawaban masih proses terus. Karena nampak kesibukan Menteri di lebaran, segala macam ini kan. Masuk akal lah kesibukan mereka itu," katanya.

Menurut Rambe, kekosongan jabatan Sekda tidak menggangu roda pemerintahan, makanya diupayakan segera. Ia tak bisa memastikan kapan SK Kemendagri turun, namun pihak Kemendagri berjanji segera. Meski tak lagi menjabat Pj Sekda, Mulawarman masih tercatat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Batanghari.

Mulawarmansyah menjabat Pj Sekda Batanghari berdasarkan Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor : 133/ 4167 SJ tanggal 20 Juli 2020 perihal persetujuan pemberhentian sekretaris daerah kabupaten Batanghari dan Surat Gubernur Jambi Nomor : S-1715/ BKD -3.2/ VIII/ 2020 tanggal 4 Agustus 2020 perihal persetujuan pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Batanghari.

1389