Home Internasional Taliban Merangsek, Amerika Sangat Frustasi karena Gagal Menghentikannya

Taliban Merangsek, Amerika Sangat Frustasi karena Gagal Menghentikannya

Washington DC, Gatra.com- Kegagalan pasukan keamanan Afghanistan untuk menumpulkan kemajuan Taliban telah membuat para pejabat AS sangat frustrasi setelah menghabiskan miliaran untuk melatih dan memperlengkapi militer negara itu selama dua dekade. AFP, 10/8.

 

Presiden Joe Biden dan pejabat lainnya telah berulang kali menyerukan para pemimpin Afghanistan untuk bersatu dan menyusun strategi yang jelas di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa pemberontak dapat mengepung Kabul dalam beberapa bulan.

"Kami menghabiskan lebih dari satu triliun dolar selama 20 tahun. Kami melatih dan melengkapi dengan peralatan modern lebih dari 300.000 pasukan Afghanistan," kata Biden, Selasa setelah Taliban merebut beberapa ibu kota provinsi lagi dengan minim perlawanan. "Para pemimpin Afghanistan harus bersatu," kata Biden. "Mereka harus berjuang untuk diri mereka sendiri, berjuang untuk bangsa mereka."

Menjelang selesainya penarikan AS pada 31 Agustus, Pentagon dan Departemen Luar Negeri dengan erat menggemakan kata-kata Biden, mengungkapkan keprihatinan atas keuntungan Taliban dengan tidak adanya pasukan AS dan NATO untuk pertama kalinya sejak invasi 2001.

"Pasukan Afghanistan memiliki kemampuan, mereka memiliki kapasitas, mereka memiliki keunggulan numerik, mereka memiliki angkatan udara," kata juru bicara Departemen Pertahanan John Kirby, Selasa. "Ini benar-benar akan turun ke kepemimpinan dan keinginan untuk menggunakan kemampuan itu."

Secara pribadi para pejabat AS mengungkapkan keterkejutannya atas kecepatan kemajuan Taliban. Amerika Serikat telah melakukan pengeboman selama dua minggu terakhir untuk membantu pasukan Afghanistan, mungkin membantu memukul mundur para pemberontak di Lashkar Gah di selatan dan Herat di barat.

Tetapi Taliban dengan mudah menyapu beberapa kota utama di utara dan sekarang mengancam Mazar-I-Sharif yang strategis. Para pejabat AS menekankan hasilnya bisa berbeda jika Presiden Ashraf Ghani bisa menyatukan pemerintahnya dan bertindak tegas.

"Pemerintah Afghanistan memiliki pengaruh yang luar biasa... 300.000 tentara, angkatan udara, pasukan khusus, alat berat, pelatihan, komitmen kemitraan, dukungan berkelanjutan dari Amerika Serikat," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

"Sayangnya ada rasa stasis, pembekuan pemerintahan," kata Andrew Watkins dari International Crisis Group. Uang dan pasokan tidak mengalir ke daerah dan pasukan keamanan lokal, kata Watkins, membuat mereka lebih terbuka untuk Taliban. "Satu hal yang mereka tahu adalah bahwa mereka belum mendapatkan dukungan yang cukup dari pemerintah mereka."

Carter Malkasian, mantan pejabat Pentagon dan penulis "The American War in Afghanistan" mengatakan bahwa komandan militer yang paling cakap, dan banyak pemimpin suku dan etnis, tinggal di Kabul karena alasan politik ketika mereka harus berada di garis depan.

"Mereka membutuhkan dorongan dari pemerintah dan pemimpin besar lainnya seperti (mantan presiden) Hamid Karzai untuk keluar dari sana dan berjuang untuk komunitas mereka dan tidak duduk di Kabul," kata Malkasian.

AS juga percaya Ghani perlu bekerja dengan orang kuat regional dan milisi berbasis suku mereka. "Ketika Washington mengatakan kita perlu melihat persatuan politik, saya pikir sebenarnya mereka mengatakan ... Ghani dan semua mantan panglima perang perlu bersatu dan bekerja sama," kata Watkins.

Ghani bisa mendapatkan pesan itu. Dia melakukan perjalanan ke Mazar-I-Sharif Rabu untuk berbicara dengan pemimpin lokal Atta Mohammad Noor dan panglima perang lama Abdul Rashid Dostum tentang mempertahankan kota. "Salah satu masalah besar adalah pasukan Afghanistan di lapangan, mereka tidak yakin apakah mereka hanya nongkrong di sana sendirian," kata Malkasian.

"Memiliki para pemimpin di depan membantu memotivasi orang, membantu menggalang orang untuk bertarung, membantu menunjukkan kepada mereka bahwa para pemimpin ada di belakang mereka, bukan mengabaikan mereka."

Tapi tudingan jari AS pada pemerintah dan pasukan Afghanistan juga agak tidak jujur, kata para ahli. Spesialis pertahanan Anthony Cordesman mengatakan bahwa pencapaian "pembangunan bangsa" yang telah dipuji para pejabat AS dalam memperkuat pemerintah pusat dan dalam melatih tentara modern selama 20 tahun terakhir telah sangat dilebih-lebihkan.

"AS membuat klaim yang terlalu optimis tentang kemajuan pemerintah Afghanistan dalam pemerintahan, kemajuan dalam perang dan dalam menciptakan pasukan keamanan Afghanistan yang efektif," tulisnya dalam laporan baru untuk Pusat Studi Strategis dan Internasional di Washington.

Bahkan ketika periode AS mendekati akhir, katanya, "Pasukan Afghanistan tetap bergantung pada dukungan AS untuk hampir semua operasi."

1634