Home Sumbagsel KADIN Diminta Ambil Peran Atasi Kelangkaan Migor di Sumsel

KADIN Diminta Ambil Peran Atasi Kelangkaan Migor di Sumsel

Palembang, Gatra.com - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru meminta Kamar Dagang dan Industri (KADIN) provinsi setempat turut mengambil peran dalam mengatasi persoalan kelangkaan minyak goreng di Bumi Sriwijaya.

Hal itu dikatakannya saat menerima penyerahan bantuan tabung oksigen dari KADIN Sumsel yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (9/3). Menurutnya, selain membantu penanganan dampak pandemi virus corona atau Covid-19 yang belum juga berakhir ini, KADIN Sumsel diharap menunjukkan perannya mengatasi persoalan kebutuhan minyak goreng yang cukup mencuat belakangan ini.

“Ya, kita harap KADIN beri peran juga mengatasi pasokan minyak goreng di Sumsel. Kebetulan juga besok Ketua KADIN Pusat datang, kita akan musyawarah untuk mencari solusi terbaik dan mengatasi pemenuhan kebutuhan pokok itu,” ujarnya.

Selain bantuan alat-alat kesehatan, lanjutnya, saat ini aksi KADIN dalam memulihkan situasi perekonomian di wilayahnya juga sangat ditunggu. “Jadi, bukan hanya memulihkan, tapi kalau bisa juga menjembatani kemudahan yang diberikan pusat ke pelaku UMKM dan industri kecil seperti kucuran KUR dan sebagainya,” katanya.

Bentuk bantuan itu, sambungnya, misal dengan mengarahkam agar komunitas dan pelaku UMKM menjadi bankable, sehingga bantuan pemerintah benar-benar dirasakan masyarakat.

Terkait bantuan tabung oksigen dan regulator yang diberikan, pemerintah provinsi setempat memberikan apresiasi dan sangat berterimakasih karena itu merupakan bentuk kepedulian dan perhatian dari KADIN.

“Dengan misi kemanusiaan dari KADIN ini diharap dapat membantu masyarakat, terutama pasien pneumonia. Semua bantuan ini juga akan segera disebar ke sejumlah rumah sakit di Sumsel yang membutuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KADIN Sumsel, Affandi Udjie mengatakan di era pandemi ini ada dua peperangan yang harus dihadapi. Pertama, perang secara ekonomi dan perang menghadapi Covid-19.

“Ini adalah bentuk konkret KADIN menghadapi pandemi. Selain memberi bantuan ini, kita juga mengupayakan membuat pelaku usaha naik kelas untuk menciptakan lapangan kerja baru. Dan ini berproses dengan vokasi yang ada di seluruh kabupaten dan kota. Kita bahu-membahu dan gotong-royong entaskan masalah ekonomi ini,” katanya.

Diketahui, KADIN Sumsel menyerahkan 35 tabung oksigen dan 100 regulator oksigen pada Pemerintah Provinsi Sumsel yang diterima langsung oleh Herman Deru.

1049