Home Gaya Hidup Makam Sunan Kudus Ramai Menjelang Ramadan

Makam Sunan Kudus Ramai Menjelang Ramadan

Kudus, Gatra.com– Sebanyak ribuan peziarah mulai memadati kompleks Makam, Menara, dan Masjid Sunan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menjelang bulan suci Ramadan. Peningkatan kunjungan di wisata religi ini jauh meningkat dibandingkan hari biasa, terlebih pada tahun lalu.

Humas Yayasan Makam Menara dan Masjid Sunan Kudus, Denny Nur Hakim mengatakan, peningkatan mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa. Mereka tidak hanya berdatangan dari Jawa Tengah saja, tetapi juga dari provinsi lain, Jawa Timur misalnya.

“Cukup signifikan, kebanyakan datang dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, selain dari masyarakat Kudus sendiri,” ujarnya, Jumat (1/4).

Meski pagebluk masih menyelimuti nusantara, tetapi tidak mengurungkan niat para peziarah untuk mengunjungi makam satu dari sembilan wali Songo tersebut.

Meski begitu, pihak yayasan selalu mengingatkan untuk tetap menyerukan protokol kesehatan (Prokes). Bahkan pengingat tersebut, selalui dingiangkan melalui pengeras suara.

“Peziarah memang cukup ramai, dibandingkan tahun lalu di mana pada tahun lalu masih di masa pandemi. Sekarang ini juga masih di masa pandemi, meski sudah agak melandai. Dan kita di sini, khususnya untuk para peziarah kita tekankan untuk mematuhi prokes,” terangnya.

1239