Home Pendidikan Arif Satria Terpilih Menjadi Rektor IPB 2023-2028

Arif Satria Terpilih Menjadi Rektor IPB 2023-2028

Bogor, Gatra.com - Arif Satria terpilih menjadi Rektor IPB Periode 2023-2028 secara aklamasi. Ia kembali terpilih menjadi Rektor IPB untuk yang kedua kalinya.

“Pada hari ini Alhamdulillah proses sudah berjalan dengan baik, saya mengucapkan apresiasi kepada civitas akademik dan juga majelis wali Amanat yang telah menetapkan saya sebagai Rektor IPB periode 2023-2028,” kata Arif Satria di Bogor, Rabu (9/11).

Arif mengungkapkan bahwa tantangan IPB hari ini berbeda dengan 5 tahun lalu. Kala pertama kali terpilih sebagai Rektor IPB, dia berbicara tentang disrupsi revolusi industri 4.0.

Baca Juga: Rektor IPB: Pemahaman Petani Terhadap Teknologi Masih Beragam

Saat ini, jelas Arif, dalam dua tahun belakangan, Indonesia dihadapkan dengan masalah pandemi Covid-19 dan perang geopolitik yang berdampak serius pada tatanan global.

Arif menekankan bahwa IPB dituntut untuk bisa merespons tantangan perubahan ini. 

“Dan hal yang paling konkrit di masyarakat adalah bagaimana harus siap memberikan kontribusi untuk mengatasi ancaman krisis pangan,” ucapnya.

Baca Juga: Rektor dan Guru Besar IPB Beri Dukungan Moral Penguatan KPK

“IPB punya kompetensi, dan IPB punya track record dalam inovasi pangan, situasi eksternal memang membutuhkan itu.” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) IPB, Tridoyo Kusumastanto, menyebutkan terdapat 20 peserta pada tahap awal pencalonan Rektor IPB masa jabatan periode 2023-2028 ini.

Ditanya terkait kesiapan para peserta untuk maju sebagai Rektor IPB University, hanya tersisa enam peserta yang menyatakan diri siap untuk maju ke tahap berikutnya.

Baca Juga: Rektor IPB Minta Terapkan Sumur Resapan Bijak Berplastik

Selepas itu, berkas administrasi diserahkan ke enam peserta dan dilakukan verifikasi oleh Senat Akademik (SA) IPB. Usai dilakukan evaluasi keabsahan dokumen, hanya tersisa dua peserta yang memenuhi syarat maju sebagai calon Rektor IPB yakni Arif Satria dan Sahara.

Tridoyo menyatakan, hasil Sidang Paripurna Terbuka MWA IPB 'Dengar Pendapat Calon Rektor dengan Pemangku Kepentingan' yang dilakukan di Kampus IPB Baranangsiang, Rabu (9/11), Arif Satria terpilih secara aklamasi sebagai Rektor IPB periode 2023-2028.

“Prof Arif Satria dinyatakan sebagai Rektor IPB periode 2023-2028 secara aklamasi. Sekarang di pundak beliau, untuk memimpin IPB selanjutnya,” ujarnya.
 

134