Home Kalimantan Pengoperasian Mobil Edukasi BPBD Kalsel Akan Dioptimalkan

Pengoperasian Mobil Edukasi BPBD Kalsel Akan Dioptimalkan

Banjarbaru, Gatra.com - Aset-aset di Badan Penanggulangaan Bencana Darah (BPBD) Kalimantan Selatan (Kalsel) baik milik sendiri maupun bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan dioperasikan secara maksimal.

Kabid Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi kepada Gatra.com mengungkapkan, mengoperasikan aset merupakan sesuatu yang sangat penting. "Kita akan optimalkan semua aset yang ada. Jika ada kerusakan atau gangguan akan kita lakukan pemeliharaannya,” ujar Bambang di Banjarbaru, Senin (27/3).

Dia menyebut, salahsatu aset yang menjadi prioritas dioperasionalkan adalah mobil Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang selama ini pengoperasiannya kurang maksimal.

“Kita diberikan tugas untuk makin menghidupkan dan mensosialisasikan terkait kebencanaan kepada masyarakat dengan mobil KIE tersebut, kita akan optimalkan secara terukur dan tepat sasaran bantuan BNPB itu,” janjinya.

Dengan dioperasikan lebih maksimal, beber Bambang, diharapkan masyarakat dapat mengenal dini tentang kebencanaan, termasuk strategi untuk pencegahan, mitigasi dan sebagainya dalam hal penanggulangan bencana.

Nantinya, lanjut Bambang, mobil KIE ini akan dioperasionalkan dengan baik, termasuk penjadwalan operasional termasuk waktu dan sasaran lokasi sisoalisasi, di antaranya sekolah-sekolah dan kawasan instansi pelayanan publik.

“Mobil KIE ini dilengkapi dengan peralatan canggih untuk menunjang pelaksanaan sosialisi langsung di lapangan, mobil dilengkapi dengan alat komunikasi, internet, perangkat komputer dan fasilitas tayangan video-video edukasi,” imbuhnya.

76