Home Gaya Hidup Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta Dipenuhi Ribuan Jemaat

Jumat Agung di Gereja Katedral Jakarta Dipenuhi Ribuan Jemaat

Jakarta, Gatra.com - Gereja Katedral Jakarta menggelar peribadatan Jumat Agung pada hari ini (7/4). Ribuan umat Katolik tampak berbondong-bondong datang ke lokasi sejak siang hari. 

Berdasarkan pantauan Gatra.com, para jemaat mulai memadati Katedral Jakarta sejak pukul 11.00 WIB. Para jemaat yang datang dibagi ke dalam dua tempat, yakni di bagian dalam dan luar. Bagi mereka yang hendak beribadah di dalam gereja harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

“Kapasitas kawasan gereja untuk ibadah pekan suci sebanyak 3.000 kursi dan disiapkan kursi cadangan sebanyak 500 kursi," ujar Humas Gereja Katedral dan Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie di Jakarta, pada Jumat (7/4).

Misa Jumat Agung hari ini terbagi menjadi tiga sesi. Pertama pada pukul 12.00 WIB digelar secara luring. Lalu, dilanjutkan pukul 15.00 WIB dan pukul 18.00 WIB yang digelar secara hybrid.

Misa pukul 12.00 dipimpin oleh Romo Bernadus C Triyudo Prastowo dan Romo Joannes Maryana. Lalu sesi berikutnya pada pukul 15.00 WIB dipimpin oleh Romo Albertus Hani Rudi Hartoko dan Romo Yohanes Deodatus.

Adapun sesi ketiga, pukul 18.00 WIB secara offline dipimpin oleh Romo Yusup Edi Muljono.

Lebih lanjut Susyana turut menekankan bahwa Gereja Katedral Jakarta tetap melaksanakan protokol kesehatan, dengan menerapkan wajib masker bagi jemaat yang akan beribadah.

“Umat yang mengikuti ibadah di kawasan Gereja Katedral tetap diwajibkan menggunakan masker," ujar Susyana.

Sebagai informasi, tahun ini Gereja Katedral Jakarta mengangkat tema "Peran Serta Kita dalam Mewujudkan Kesejahteraan Bersama" pada peringatan Misa Kamis Putih, Jumat Agung dan Paskah.

88