Home Makro BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan di Angka 5,75 Persen

BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan di Angka 5,75 Persen

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) tetap tahan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 5,75%. Begitupun dengan suku bunga Deposit Facility tetap sebesar 5%, dan suku bunga Lending Facility tetap sebesar 6,50%.

"Keputusan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 5,75% ini konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3% plus minus 1% pada sisa akhir tahun 2023 dan juga tahun 2024," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo, dikutip dari kanal youtube resmi Bank Indonesia pada Kamis (22/6).

Bac juga: Penyaluran Kredit Baru Bank di Mei 2023 Naik Tipis

Perry juga mengatakan, fokus kebijakan diarahkan pada penguatan stabilitas nilai Rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global.

Sementara itu, tambah Perry, kebijakan likuiditas dan makroprudensial longgar terus dilanjutkan untuk mendorong penyaluran kredit atau pembiayaan dan tetap mempertahankan terjaganya stabilitas sistem keuangan.

Akselerasi digitalisasi sistem pembayaran terus didorong untuk perluasan ekonomi dan keuangan digital dan penguatan stabilitas sistem dan layanan pembayaran.

Baca juga: Tetap Terjaga, Posisi Investasi Internasional Indonesia Triwulan I 2023 Naik Tipis

"Bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran Bank Indonesia tersebut terus diarahkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," kata Perry.

42