Home Internasional Kapal Perang AS akan Berlabuh di Vietnam di Tengah Ketegangan Laut China Selatan

Kapal Perang AS akan Berlabuh di Vietnam di Tengah Ketegangan Laut China Selatan

Hanoi, Gatra.com - Kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat (AS) USS Ronald Reagan akan singgah di kota pelabuhan Danang di Vietnam Tengah pada Minggu (256). Pelayanan ini dalam kunjungan langka kapal perang AS ke negara Asia Tenggara itu, karena masih tingginya ketegangan dengan Beijing di Laut China Selatan.

“Kapal akan tiba pada Minggu sore dan tinggal di Danang hingga 30 Juni,” kata juru bicara kementerian luar negeri Vietnam seperti dilaporkan media lokal, dikutip Reuters, Jumat (23/6). 

Kunjungan USS Ronald Reagan ini merupakan yang ketiga bagi kapal induk AS sejak berakhirnya Perang Vietnam.

Baca Juga: Laut Cina Selatan Memanas, Cina Usir Kapal Perang AS

Sebelumnya USS Theodore Roosevelt juga pernah singgah di Vietnam pada tahun 2020, menandai 25 tahun sejak Perang Vietnam berakhir pada tahun 1975.

Tahun ini Washington berusaha meningkatkan hubungan formalnya dengan Vietnam, di tengah seringnya perselisihan Hanoi dengan Beijing mengenai batas-batas di Laut Cina Selatan. China mengklaim perairan hampir seluruhnya, termasuk zona ekonomi eksklusif Vietnam dan negara-negara lain di kawasan itu.

Operator AS sering melintasi laut yang kaya energi, yang merupakan rute penting untuk perdagangan global. Kapal perang sering dibayangi oleh kapal China.

Baca Juga: AS Kirim Kapal Perangnya Memasuki Wilayah Laut China Selatan

“Pada hari Rabu, kapal induk China Shandong dan sekelompok kapal pengawal berlayar ke selatan melalui Selat Taiwan yang sensitif,” kata kementerian pertahanan Taiwan.

195