Home Gaya Hidup Membangkitkan Kenangan Blok M Lewat Festival Lintas Melawai

Membangkitkan Kenangan Blok M Lewat Festival Lintas Melawai

Jakarta, Gatra.com - Helmy Yahya dan Denny Malik menginisiasi Festival musik Lintas Melawai. Festival ini akan digelar di Jalan Sultan Hasanudin, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 28 hingga 30 Juli 2023.

Pada festival ini akan tampil beberapa performer di antaranya adalah Swara Maharddhika, Denny Malik Entertainment, Libels, Three Ladies, Iwan Keplek, Vina Panduwinata, Mus Mujiono, Trie Utami, dan masih banyak lagi.

“Akan ada banyak performer Indonesia yang melegenda dan membawakan lagu-lagu hit pada era 80-an sampai 90-an,” kata Helmy Yahya, Senin (10/7).

Baca Juga: Apresiasi Festival Crossborder Skouw, Sandi Dorong Banyak Festival di Perbatasan

Untuk diketahui, istilah Lintas Melawai saat ini mungkin terdengar asing. Namun, pada dekade 80-an sampai 90-an, Lintas Melawai merupakan kawasan berkumpulnya anak gaul untuk sekadar mejeng atau nongkrong.

Kawasan di sekitar Melawai Plaza hingga daerah Blok M begitu hidup dan menjadi tempat anak-anak muda berkumpul. Lokasi itu adalah kawasan nongkrong yang hits pada masanya.

Akan tetapi, seiring waktu Lintas Melawai mulai terlupakan. Kawasan ini sudah bukan lagi pusat tempat anak-anak muda berkreasi dan menghabiskan waktu. Namun, kenangan terhadap tempat ini masih lekat di ingatan banyak orang pada generasi itu.

Baca Juga: Festival Indonesia Raya Akan Meriahkan Hari Jadi ke-1.273 Kota Salatiga

Helmy menyebut festival ini akan berbeda dari festival musik pada umumnya. Pasalnya, festival ini digelar didasarkan pada keinginan untuk membuat acara bernuansa retro dengan atmosfer nostalgia yang dirancang untuk menghadirkan suasana masa lalu. Helmy juga berharap acara ini bisa jadi kebangkitan kawasan Blok M menjadi salah satu tempat hit di Jakarta lagi.

Selain panggung musik yang menampilkan musisi legendaris, akan hadir pula komunitas otomotif mobil klasik dan motor klasik, fashion show, dan beberapa komunitas dari sekolah yang ada di lokasi Sultan Hasanudin Dalam, Blok M Mall. Dress code pengunjung pun diharapkan mengenakan pakaian retro ala 1980-an hingga 1990-an.

Denny Malik mengatakan bahwa acara ini terbuka bagi semua kalangan. Bukan hanya para orang tua yang pernah merasakan menjadi anak muda di kawasan Blok M, generasi milenial dan Z pun bisa ikut bergabung dan menikmati keseruan yang berbeda.

Denny berharap acara Lintas Melawai menjadi festival yang mempersatukan seluruh generasi. Di sisi lain, untuk memeriahkan suasana, “Bagi yang rindu dengan olahraga yang tren waktu era 80-an, seperti sepatu roda, di sini juga akan ada. Pokoknya, semua akan bernostalgia dan bersenang-senang,” kata Denny.

439