Home Internasional Menlu Blinken Berjumpa Direktur Wang Yi, Samakan Persepsi Isu AS-Cina

Menlu Blinken Berjumpa Direktur Wang Yi, Samakan Persepsi Isu AS-Cina

Jakarta, Gatra.com – Di sela agenda Pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), Menteri Luar Negeri AS Antony J. Blinken bertemu dengan Direktur Kantor Sentral Urusan Luar Negeri Cina Wang Yi di Jakarta pada Kamis (13/7).

Menurut keterangan Departemen Luar Negeri AS, pertemuan tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga saluran komunikasi terbuka untuk menjelaskan kepentingan AS terkait berbagai isu dan untuk mengelola kompetisi secara bertanggung jawab dengan mengurangi risiko “salah persepsi” dan “salah kalkulasi”.

“Menlu Blinken dan Direktur Wang berdiskusi secara terbuka dan konstruktif tentang berbagai isu bilateral, regional, dan global, termasuk isu-isu yang mengandung perbedaan serta sektor kerja sama potensial,” ujar Juru Bicara Deplu AS Matthew Miller.

Dalam kesempatan itu, Menlu Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Ia menggunakan kesempatan pertemuan untuk memajukan kepentingan dan nilai-nilai AS, dan secara langsung menyampaikan kekhawatiran bersama AS dan para sekutu serta mitra terkait tindakan Cina, serta mengadvokasi kemajuan dalam tantangan transnasional yang memengaruhi masyarakat di AS, Cina, dan seluruh dunia.

“Menlu menjelaskan bahwa AS bersama dengan sekutu dan mitra kami akan memajukan visi kami akan tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan berbasis aturan. Kedua belah pihak sepakat untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa minggu dan bulan ke depan,” kata Matthew.

77