Home Hiburan Makanan Hits Tahun 90-an Hingga Nuansa Retro di Lintas Melawai

Makanan Hits Tahun 90-an Hingga Nuansa Retro di Lintas Melawai

Jakarta, Gatra.com - Festival Lintas Melawai di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, mulai digelar sejak Jumat (28/7/2023) hingga Minggu (30/7/2023. Ajang ini digelar sebagai wadah anak Jakarta Selatan era 80-an untuk bernostalgia. Sejumlah musisi era 80-an dihadirkan. Tidak hanya itu, beberapa komunitas retro dan jajanan klasik bisa ditemukan di sini.

Pengunjung yang datang bisa mendapatkan panganan khas yang populer di era itu seperti Roti Bakar Edy yang legendaris, minuman Badak yang hits di kalangan anak muda 90an, bahkan jajanan kue tape. Bukan hanya urusan perut yang diajak nostalgia, tapi juga telinga dengan dihadirkannya sejumlah musisi era 80-90an.

Di sisi lain, ada tenant photobooth yang ramai disambangi pengunjung untuk berfoto-foto. Kostum aneka rupa yang dipakai bisa membuat foto semakin kece dan mengembalikan kenangan masa lalu. Di lokasi terlihat beberapa pengunjung yang walaupun usianya sudah tak lagi muda, tapi kalau urusan foto, tetap lincah bergaya.

Booth Roti Bakar Edy di Festival Lintas Melawai (Gatra/Eva Agriana Ali)
Booth Roti Bakar Edy di Festival Lintas Melawai (Gatra/Eva Agriana Ali)

Acara ini memang bertujuan memberikan pengalaman unik dan menyenangkan bagi masyarakat dengan mengingat kembali kenangan-kenangan masa era 80-90an melalui pagelaran hiburan, bazar dan performance musik artis tempo dulu. Acara yang diinisiasi oleh Helmy Yahya dan Denny Malik ini didasarkan pada keinginan untuk membuat sebuah acara yang bernuansa retro dengan atmosfer nostalgia.

“Lintas Melawai dihadirkan agar tercipta ruang nongkrong yang nggak sekadar cari makan dan nongkrong, tapi juga mengenal culture pop Jakarta, yang eksis di era 80-90an,” kata Helmy Yahya, Sabtu (29/7).

Baca Juga: Membangkitkan Kenangan Blok M Lewat Festival Lintas Melawai

Lebih lanjut Helmy mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini memang bukan sekadar nostalgia. Lintas Melawai diselenggarakan juga sebagai bentuk balas budi dia yang lama hidup di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Selain itu diharapkan bisa menjadi pemantik agar ruang nongkrong yang menyuguhkan budaya pop Jaksel ada dan bisa dinikmati masyarakat umum.

Acara di siang hari terbuka untuk umum tanpa perlu tiket masuk. Adapun acara malam hari berupa performance membutuhkan tiket. Di malam hari ada nama-nama artis lawas seperti Libels, Trie Utami, The Three Ladies feat KYDC Band, Sandro Tobing, Mus Mujiono, Ruth Sahanaya, Vina Panduwinata, Cockpit Band, hingga pertunjukan penari Denny Malik Entertainment.

Mobil antik di Festival Lintas Melawai (Gatra/Eva Agriana Ali)
Mobil antik di Festival Lintas Melawai (Gatra/Eva Agriana Ali)

Di Siang hari ada Bazar Multi Produk yang akan ikut memeriahkan acara. Kemudian hadir juga komunitas otomotif mobil klasik dan motor klasik. Tidak ketinggalan beberapa komunitas dari sekolah di sekitar lokasi Sultan Hasanudin Dalam, Blok M Mall.

Acara ini dibuka oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Munjirin. Ajang tersebut diharapkan dapat meningkatkan industri pariwisata di Jakarta Selatan.

"Tentunya dampak dari kegiatan Lintas Melawai ini tidak hanya nostalgia, namun juga diharapkan dapat meningkatkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya pasca pandemi," katanya saat membuka acara tersebut, Jumat (28/7).

222