Home Pendidikan Yehonala Tanamkan Mental Senang Bersekolah pada Anak

Yehonala Tanamkan Mental Senang Bersekolah pada Anak

Batam, Gatra.com - Tahun ajaran baru 2023 disambut dengan senyuman indah para murid dan wali murid, yang sangat bersemangat untuk memulai aktivitas barunya. Sekolah Yehonala sebagai institusi pendidikan di Batam yang sudah berdiri sejak 2006, di bawah nilai-nilai prinsip berbagai pengetahuan dan mendidik pikiran muda menjadi pilihan orang tua saat ini untuk anaknya menempuh pendidikan sejak usia dini.

Tercatat pada ajaran baru 2023-2024 Sekolah Yehonala menerima lebih dari 600 siswa baru. Yang menjadi banyak pusat perhatian di sekolah ini, adalah ketika masuk ke lobby sekolahnya akan disambut dengan pemandangan megah sehingga memberikan kesan nyaman yang dirasakan para orang tua dan murid ketika pertama menginjakkan kaki di Sekolah Yehonala. Tidak hanya kesan nyaman yang ingin Sekolah Yehonala ciptakan. Adanya fasilitas modern yang tersedia untuk menciptakan lingkungan belajar ideal.

“Pertama masuk lobby saja saya sudah tercengang, kaget ini sekolah? Anak saya pun langsung happy lari-larian karena di lobby sudah ada playground-nya. Awalnya karena cerita teman-teman saya setiap anak baru sekolah pasti akan rewel nangis, ketakutan bahkan ada yang tidak mau lagi balik sekolah, saya menjadi khawatir menyekolahkan anak saya. Namun ketika di Sekolah Yehonala kekhawatiran saya hilang, saya senang bisa menyekolahkan anak saya di sini, karena dari kesan pertama saja anak saya tidak merasa takut untuk sekolah," ujar Dedy salah satu wali murid di Sekolah Yehonala, Senin (7/8).

Ketua Yayasan Sekolah Yehonala, Mitosima The Anakunda mengaku sangat bangga setiap kali mendapat sanjungan orang tua murid. Apalagi ketika mengetahui anak-anak muridnya menantikan sekolah, bukan malah ketakutan.

"Ya ini memang salah satu filosofi ketika saya ingin mendirikan sekolah ini, yakni sekolah itu harus bisa memberikan motivasi ke anak-anak bahwa ketika datang ke sekolah itu bukan hal yang menyebalkan, bikin kesal. Jadi kami ingin anak-anak happy datang ke sekolah," jelasnya.

Ia menambahkan, Sekolah Yehonala bertekad menanamkan mentalitas pada anak bahwa datang ke sekolah itu menyenangkan. Karena murid yang senang ke sekolah akan lebih mudah menerima pembelajaran yg diajarkan oleh guru.

Mitosima juga menyebut bahwa pendidikan merupakan pondasi penting dalam membentuk generasi yang unggul dan berkualitas. Berdasarkan data yang dirilis oleh World Bank di tahun 2020, Indeks Sumber Daya Manusia (Human Capital Index) Indonesia berada di angka 0,54% dengan tingkat kompetensi global yang rendah berada di posisi ke 96 dari 173 negara. Ini menunjukkan bahwa Indonesia perlu meningkatkan kompetensi SDM sejak dini agar mampu bersaing secara global.

"Sekolah Yehonala ini sangat mendukung sekali pendidikan anak usia dini, itu kenapa kesan nyaman menjadi tujuan utama kami anak senang sekolah, didampingi dengan fasilitas-fasilitas yang bisa mendukung kegiatan belajar-mengajar," ujarnya.

Hal itu selaras dengan motto Sekolah Yehonala yakni A Fun Place to Learn, tempat yang asik untuk belajar. Banyak playground yang disediakan untuk preschool, bahkan, ada juga fasilitas untuk orang tua yang menunggu anaknya.

"Kami membangun pondasi awal untuk anak bahwa sekolah itu adalah tempat nyaman bagi anak-anak untuk menimba ilmu dan belajar," jelas Mitosima.

Menurutnya, lewat fasilitas yang lengkap serta mengikuti perkembangan jaman, sekolah dapat menjadi persiapan bagi anak untuk terjun ke dunia masyarakat. Artinya mempersiapkan anak untuk masa yang akan datang. Ke depannya, Sekolah Yehonala akan terus mendukung serta mengasah bakat yang dimiliki anak-anak agar siap berkompetisi di dalam maupun luar negeri.

49