Home Keuangan Cadangan Devisa Indonesia Tembus US$137,7 Miliar Per Juli 2023

Cadangan Devisa Indonesia Tembus US$137,7 Miliar Per Juli 2023

Jakarta, Gatra.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2023 tercatat sebesar US$137,7 miliar, atau meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Juni 2023 sebesar US$137,5 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,2 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Peningkatan posisi cadangan devisa tersebut antara lain dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam keterangan resmi pada Senin (7/8).

Baca Juga: BI: Cadangan Devisa Indonesia Mei 2023 Turun US$4,9 Miliar jadi US$139,3 Miliar

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan, BI memproyeksikan bahwa cadangan devisa RI akan tetap memadai. Perkiraan tersebut, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan respons bauran kebijakan yang ditempuh BI.

“Bauran dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” tandasnya.

22