Home Mikro Peran Desainer Penting Dukung Produk Kriya Tembus Pasar Global

Peran Desainer Penting Dukung Produk Kriya Tembus Pasar Global

Jakarta, Gatra.com- Anggota Bidang Kemitraan Dekranas, Musa Widyatmodjo, mengatakan, salah satu kunci agar industri kriya dapat menembus pasar global adalah dengan melibatkan desainer dalam proses pembuatan produk kriya.

Menurutnya, desainer memiliki peran penting dalam menghubungkan perajin dengan pecinta kriya. Mereka dapat membantu pengrajin dalam mengembangkan produk kriya agar lebih menarik dan sesuai dengan tren pasar.

"Selama ini, perajin cenderung fokus pada proses pembuatan produk, tanpa memikirkan bagaimana produk tersebut akan diterima oleh konsumen," kata Musa dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema ‘Persaingan UMKM di Kancah Global’, Senin (11/9).

Baca juga: Pameran Kriyanusa 2023 Momentum UMKM Indonesia Mendunia

Menurut dia, desain dapat membantu perajin untuk memahami kebutuhan konsumen dan menciptakan produk yang lebih sesuai dengan permintaan pasar. Ia mencontohkan, pameran di Jepang dan New York memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Perbedaan pameran ini mencerminkan dua sisi mata uang dari industri kriya Indonesia. "Ada harga, ada kualitas, ada rupa. Itu adalah edukasi kepada konsumen kenapa kita harus membeli, mengikhlaskan, dan berani membayar mahal," ujarnya.

Dekranas berharap bahwa upaya-upaya tersebut dapat membantu industri kriya Indonesia untuk terus berkembang dan bersaing di kancah global.

Baca juga: Batik Nasabah PNM Dilirik Jokowi di Gelar Batik Nusantara 2023

Musa pun berharap, dengan dukungan dari beragam pihak, para perajin Indonesia dapat naik kelas. Alhasil mereka dapat menghasilkan karya spektakuler yang dapat dikenang dunia.

"Karya yang spektakuler tidak hanya indah, tetapi juga memiliki nilai tambah, baik dari segi fungsionalitas, maupun dari segi estetika," lanjutnya.

63