Home Olahraga Meski Kalah dari Korut, Indonesia Tetap Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games

Meski Kalah dari Korut, Indonesia Tetap Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games

Huangzhou, Gatra.com - Tim U-24 Indonesia harus mengakui keunggulan Korea Utara dengan skor 0-1 pada laga penentu grup F Asian Games 2023 di Zhejiang Normal University East Stadium, Cina, Ahad (24/9).

 

Laga babak pertama antara Indonesia dan Korea Utara U-24 berjalan sangat ketat, kedua tim saling berbalas serangan.

 

Jelang akhir babak pertama, Indonesia dikejutkan dengan gol Korea Utara. Anak asuh Sin Yong Nam ini mampu mencetak gol lewat aksi Kim Yu-song pada menit ke-39.

 

Berawal dari kemelut di depan gawang Ernando Ari, Kim Yu-song yang tak mendapat kawalan ketat pemain belakang Indonesia, mampu mencuri bola dan melepaskan tembakan. Skor 0-1 berakhir hingga babak pertama usai.

 

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba bangkit dan meningkatkan intensitas serangan. Pelatih Indra Sjafri memasukkan Hugo Samir untuk menggantikan Egy Maulana Vikri.

 

Hanya saja, tembok pertahanan Korea Utara masih sulit untuk ditembus oleh skuat Garuda muda.

 

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan. Laga berakhir dengan skor 0-1 untuk kemenangan Korea Utara.

 

Meski menuai kekalahan, beruntung tim besutan Indra Sjafri ini tetap berhasil lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022. Pasalnya, Indonesia keluar sebagai satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

 

Di laga Grup F lainnya, Tim U-24 Kirgistan secara mengejutkan mampu mengalahkan Taiwan dengan skor 4-1. Timnas U-24 Indonesia dan Kirgistan sama-sama mengemas tiga poin, tetapi Kirgistan unggul dalam produktivitas gol sehingga berhak menempati posisi runner-up.

 

Kelolosan Indonesia melaju ditentukan oleh hasil di Grup C dan Grup D. Pasalnya Grup C hanya memiliki dua kontestan sehingga tak ada urutan ketiga. Sedangkan di Grup D berisi 3 peserta dimana Qatar sudah memastikan diri finis ketiga dengan hanya mencatatakan satu poin.

 

Indonesia sudah memastikan diri sebagai satu dari empat tim urutan ketiga tim terbaik. Sementara tiga tim urutan terbaik lainnya masih akan dipastikan malam ini.

 

Sejauh ini, selain Korea Utara, Kirgistan, dan Indonesia, ada Cina, Iran, Uzbekistan, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan yang sama-sama telah memastikan diri melaju ke babak 16 besar.

 

Susunan Pemain dan Pelatih

 

Korea Utara (3-4-3): Kang Ju-hyok; Jang Kuk-choi, Kim Kyong-syok, Kim Pom-hyok; Kim Kuk-bom, Paek Ching-song, Kang Kuk-choi, Ri Il-song; Ri Joguk Kim Pom-hyok, Kim Kuk-jin.  Pelatih: Sin Yong Nam

 

Timnas Indonesia (4-4-2): Ernando Ari, Robi Darwis, Andy Setyo, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Muhammad Taufany, Dony Tri, Ramai Rumakiek, Egy Maulana Vikri.  Pelatih: Indra Sjafri

 

49