Home Internasional NATO Tunjuk Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte Sebagai Sekjen

NATO Tunjuk Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte Sebagai Sekjen

Amsterdam, Gatra.com - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah resmi menunjuk Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, sebagai Sekretaris Jenderal aliansi militer tersebut, menggantikan Jens Stoltenberg.

Menurut pernyataan resmi yang dipublikasikan oleh NATO pada Rabu (27/6), Dewan Atlantik Utara telah memutuskan untuk menunjuk Mark Rutte sebagai pengganti Jens Stoltenberg.

Mark Rutte dijadwalkan untuk mulai menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NATO pada 1 Oktober 2024, menggantikan Stoltenberg yang telah memimpin NATO selama 10 tahun.

Jens Stoltenberg menyambut hangat pilihan Mark Rutte sebagai penggantinya, menggambarkan Rutte sebagai transatlantik sejati, pemimpin yang kuat, dan pembangun konsensus.

NATO, yang terdiri dari 32 anggota, mengambil semua keputusannya melalui konsensus, memberikan hak veto yang efektif kepada setiap negara anggota, termasuk keputusan terkait partisipasi dalam operasi bersama.

Dengan pengangkatan Mark Rutte sebagai Sekretaris Jenderal, NATO berharap untuk melanjutkan komitmennya dalam mempertahankan keamanan dan stabilitas di kawasan Atlantik Utara dan lebih luas lagi.

13