Home Ekonomi Sandi Dukung Kolaborasi Kadin Naikkelaskan UMKM Karawang

Sandi Dukung Kolaborasi Kadin Naikkelaskan UMKM Karawang

Jakarta, Gatra.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mendukung kolaborasi antara Kadin Karawang dengan UMKM Sabahat Sandi Nusantara dalam acara HUT ke-55 KADIN Indonesia di Karawang.

“Menparekraf Sandiaga Uno mendukung pelibatan UMKM Sahabat Sandi Nusantara di kegiatan tersebut,” kata Dewi Trianawati, Koordnator Wilayah (Korwil) UMKM Sahabat Sandi Karawang dalam keterangan pada Rabu (27/9).

Ia menjelaskan, UMKM Sahabat Sandi Nusantara dan Kadin Karawang siap berkolaborasi untuk menaikkelaskan dan meningkatkan omzet UMKM di Karawang.

“Dengan adanya kolaborasi Kadin dan UMKM dapat menaikkan perekonomian Indonesia dan berkolaborasi untuk membantu UMKM naik kelas,” kata Dewi.

Ia menjelaskan, kolaborasi dengan UMKM Sabahat Sandi Nusantara tersebut diawali dalam rangkaian acara HUT ke-56 Kadin Indonesia dan Hari Jadi ke-390 Kabupaten Karawang.

Adapun salah satu kegiatannya, lanjut dia, yakni Fun Walk yang diikuti pelaku usaha, mitra Kadin, UMKM, hingga ribuan masyarakat Karawang. Menurutnya, ini juga sebagai bentuk upaya membangkitkan ekonomi untuk UMKM di Karawang.

UMKM Sahabat Sandi Nusantara turut berpartisipasi bersama ribuan peserta lainnya memeriahkan kegiatan tersebut, dalam perhelatan ini, fokusnya tak lain adalah kesehatan tubuh, pertumbuhan ekonomi, dan sinergi antara Kadin dan UMKM.

Menurutnya, kegiatan yang dipusatkan di kawasan KCP Galuh Mas Karawang, Jawa Barat tersebut telah menciptakan dampak positif yang signifikan bagi UMKM. Kolaborasi antara Kadin dan UMKM adalah langkah cerdas yang menggerakkan roda ekonomi Indonesia dan membantu UMKM untuk meraih kesuksesan yang lebih besar.

“UMKM Sahabat Sandi Nusantara ikut berpartisipasi ikut menjadi peserta jalan santai. Kegiatan ini sangat berdampak positif bagi UMKM,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat Karawang, pelaku usaha, dan UMKM sangatlah menggembirakan. Kadin Karawang berkomitmen kuat dalam mengembangkan perekonomian lokal.

“Dukungan dari para pelaku usaha, UMKM Karawang, dan masyarakat Karawang sangat antusias, Kadin Karawang berkomitmen dalam menggerakkan perekonomian daerah,” katanya.

Selain semangat, UMKM Sahabat Sandi Nusantara juga memberikan dukungan nyata kepada peserta Fun Walk dengan menyediakan kaus, goodie bags, serta doorprize berupa uang tunai yang semakin memeriahkan acara tersebut.

Tidak hanya itu, acara ini juga menjadi ajang bagi 10 stand produk khas Karawang untuk memamerkan produk-produk unggulannya.

"UMKM Sahabat Sandi juga memberikan support seperti kaus, goodie bags, doorprize uang. Di kegiatan itu ada 10 stand produk-produk khas Karawang,” kata Dewi.

Kegiatan Fun Walk ini adalah bukti nyata bagaimana sinergi antara Kadin dan UMKM dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Kolaborasi ini membuka peluang bagi UMKM untuk terus berkembang dan berkontribusi pada perekonomian Indonesia yang semakin kuat dan berkelanjutan.

32