Home Politik Gibran Dilirik Partai Lain, Hasto: PDIP Ikut Melirik Juga

Gibran Dilirik Partai Lain, Hasto: PDIP Ikut Melirik Juga

Jakarta, Gatra.com - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto kembali buka suara mengenai isu yang menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah dilirik oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk diusung sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Prabowo Subianto.

Hasto mengaku, partainya juga melirik Gibran untuk menjadi pendamping dari Bakal calon presiden (Bacapres) usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Hal itu ia katakan sebagai tindak lanjut dari pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani.

"Mbak Puan juga menyampaikan, [PDI Perjuangan] ikut melirik juga," ucap Hasto ketika ditemui awak media di sela hari ketiga Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan, di Jakarta International Expo, pada Minggu (1/10).

Hasto mengatakan, sebagai sebuah partai politik, PDI Perjuangan sejatinya terus mendorong jiwa kepemimpinan kader-kader internal mereka melalui proses kaderisasi yang beragam. Mulai dari sekolah partai, pemberian penugasan, hingga evaluasi.

Bahkan, kata Hasto, penugasan lebih lanjut akan terus diberikan apabila seorang kader partai dinilai mampu untuk menjalankan ideologi dan platform, sekaligus kebijakan strategis partai.

"Itu satu proses yang biasa dilakukan sehingga PDIP memiliki pemimpin muda terbanyak kepala daerah muda terbanyak, anggota legislatif termuda yang paling banyak," katanya.

Hasto pun enggan berkomentar banyak mengenai potensi adanya pembahasan resmi mengenai tawaran politis dari partai lain yang masuk kepada kader PDI Perjuangan, jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ia menyebut, saat ini partainya telah menugaskan sejumlah kader untuk terjun langsung melaksanakan komunikasi politik bersama pihak eksternal.

61