Home Ekonomi Nelayan Optimistis Pelatihan Mesdos dari Relawan Ganjar Optimalkan Pemasaran Hasil Tangkapan

Nelayan Optimistis Pelatihan Mesdos dari Relawan Ganjar Optimalkan Pemasaran Hasil Tangkapan

Jakarta, Gatra.com – Koordinator Nelayan Pesisir Jawa Timur (Jatim), Abdul Kahar, optimistis pelatihan media sosial (Medsos) bagi para anak nelayan yang digelar sukarelawan Ganjar Pranowo dapat mengoptimalkan pemasaran hasil tangkapan nelayan di Situbondo, Jatim.

“Kami optimistis kegiatan ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor perikanan apabila pemanfaatan sosial media tersebut bisa dioptimakan secara maksimal,” ujarnya dalam keterangan pada Minggu (15/10).

Adapun pelatihan tersebut digelar di Kerjan, Selomukti, Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jatim. Abdul menilai, minimnya pemanfaatan medos membuat hasil tangkapan para nelayan di Situbondo kurang terekspose dengan baik.

Padahal, dengan jumlah yang melimpah, Abdul yakin hasil tangkapan nelayan Situbondo bisa dipasarkan secara lebih luas hingga ke mancanegara.

“Minimnya akses informasi dan pemanfaatan sosial media sehingga distribusi hasil tangkapannya masih hanya di sekitaran pasar lokal di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Surabaya dan Malang,” ujarnya.

Abdul berharap melalui kegiatan tersebut mampu mendorong pertumbuhan pasar hasil tangkapan nelayan di Situbondo.

“Kita ingin pelatihan ini bisa berdampak dan hasil tangkapannya bisa dipasarkan hingga di ekspor,” katanya.

53