Home Pendidikan Seabad Gontor: Gelar “Tajammuk” dan Jalan Sehat di Monas

Seabad Gontor: Gelar “Tajammuk” dan Jalan Sehat di Monas

Jakarta, Gatra.com - Pondok Modern Gontor, institusi pendidikan yang telah menjadi tonggak penting pembangunan karakter dan intelektualitas bangsa Indonesia, merayakan momentum peringatan 100 tahun usianya dalam melayani bangsa dan negara Indonesia. Dalam rangkaian peringatan itu, Pondok Modern Gontor dengan penuh rasa syukur akan menggelar acara “Tajammuk” (berkumpul bersama) dan Jalan Sehat di kawasan Monas, Jakarta Pusat, 22 Oktober 2023.

Acara tersebut akan digelar pada hari Ahad pagi mulai pukul 05.00 WIB dan akan dihadiri oleh para pimpinan Pondok Modern Gontor serta ribuan santri, alumni, dan wali santri Gontor dan pesantren alumni Gontor dari seluruh Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Acara, Zakiyanto Arief, “Tajammuk” dan Jalan Sehat ini merupakan rangkaian dari Peringatan 100 Tahun Gontor yang sudah dimulai sejak 27 September 2023 lalu di Ponorogo, Jawa Timur. Secara perhitungan kalender Hijriah, tanggal 27 September 2023 menandai 100 tahun Gontor, namun jika didasarkan pada kalender Masehi, peringatan 100 tahun Gontor baru akan dilaksanakan pada tahun 2026.

"Acara ini wujud rasa syukur kami ke hadirat Allah SWT serta semua pihak yang telah membantu perkembangan Pondok Gontor. Kalau sebelumnya, acara tasyakurannya hanya dilaksanakan di Gontor. Maka kali ini kami ingin membawa kesyukuran kami ini ke Jakarta. Kami berharap, syiar pendidikan Gontor semakin besar, maju dan berkah," ujar Zaki.

Ia jugamengcapkan selamat kepada para alumni dan walisantri serta stackholder yang lainnya. "Ini semua adalah gotong royong kita demi suksesnya acara 100 Tahun Gontor," jelas Zaki.

Selain jalan sehat, kegiatan “Tajammuk” 100 Tahun Gontor ini juga akan dilengkapi dengan parade pertunjukkan seni-budaya oleh para santri dari berbagai pesantren alumni Gontor yang ada di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat.

"Seperti Muhammadiyah dan NU, usia Gontor juga sudah 100 tahun. Ini bukti Gontor telah melewati sejarah yang panjang sekaligus menjadi bagian penting perjalanan bangsa Indoensia. Jadi kegiatan ini pun tentu akan mengusung semangat persatuan dan kebhinekaan NKRI,” tambah Zaki.

Sementara itu, KH Hasan Abdullah Sahal, salah satu Pimpinan Pondok Gontor, dalam pernyataan terpisah, mengundang dengan hormat segenap alumni dan wali santri Gontor serta pesantren alumni Gontor untuk hadir dalam kegiatan “Tajammuk” dan Jalah Sehat tersebut. “InsyaAllah menyehatkan kita semua, dan insyaAllah kami hadir semua berbahagia dan bersyukur,” jelasnya.

99