Home Kesehatan Hasto Wardoyo Sebut 65% Perempuan Gagal Menyusi Katakan Ini

Hasto Wardoyo Sebut 65% Perempuan Gagal Menyusi Katakan Ini

Cimahi, Gatra.com – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo, mengatakan, dari angka 4,8 juta perempuan yang melahirkan, hanya 70% yang sukses menyusui bayinya dalam 6 bulan pertama.

“Terkait dengan stunting dan ASI ekslusif dari 4,8 juta yang melahirkan tadi [dalam setahun], yang suskes menyusui 6 bulan pertama baru di bawah 70%,” katanya dalam acara puncak Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2023 di Lapangan Rajawali, Cimahi, Jawa Barat (Jabar), pada Senin (23/10).

Ia mengungkapkan, selebihnya gagal menyusui anaknya. Sebanyak 65% dari perempuan yang gagal menyusui anaknya tersebut mengatakan bahwa air susunya tidak keluar.

“Dari yang tida sukses menyusui, 65% mengatakan air susunya tidak keluar,” katanya dalam acara bertajuk “Kolaborasi Pelayanan KB Nusantara dalam Percepatan Penurunan Stunting” tersebut.

Padahal, lanjut Hasto, sebanyak 65% perempuan yang mengatakan air susunya tidak keluar itu, sebetulnya Air Susu Ibu (ASI)-nya bisa keluar. Menurutnya, para ibu tersebut hanya tidak benar dalam manajemen laktasinya.

“Sehingga harus dibimbing. Membimbingnya memang pada saat dia sudah melahirkan karena breast care, merawat payudara itu memang lebih banyak pada setelah melahirkan,” katanya.

86