Home Kesehatan Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Deklarasikan Gerakan ASI Eksklusif

Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Deklarasikan Gerakan ASI Eksklusif

Cimahi, Gatra.com – Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Rachma Setyaningsih Dudung Abdurachman, secara serentak mendeklarasikan Gerakan ASI Eksklusif di lingkungan TNI AD, ASN, dan keluarganya guna menyokong suksesnya perencanaan keluarga.

“Saya menghimbau kepada seluruh TNI AD bersama-sama mendukung dan menjadi role model dalam gerakan ASI Eksklusif,” katanya dalam acara puncak Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia di Cimahi, Jawa Barat, Senin (23/14).

Ia menyampaikan, deklarasi tersebut agar pemberian ASI Ekslusif ini dapat menyebar dan menyeluruh dalam lapisan masyarakat termasuk di TNI AD.

“Memberikan daya ungkit yang besar dalam mencapai target 14 persen angka stunting yang tinggal beberapa bulan lagi,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara puncak Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia tersebut, Rahma Setyaningsih sempat melakukan kunjungan ke Posyandu BKB Mawar 1 Yon Armed 4/Parahyangan.

Selain meninjau kegiatan di Posyandu, ia juga memberikan pembinaan bagi para kader serta peserta ibu-anak yang hadir. Menurutnya, dengan adanya edukasi dan konseling menyusui untuk ibu hamil, memungkinkan mereka untuk lebih siap menyusui sesegera mungkin setelah lahir.

“Kita menyadari bahwa setiap ibu memerlukan lingkungan yang positif, agar mampu memberikan inisiasi menyusui dini, menyusui eksklusif, dan melanjutkan menyusui hingga 2 tahun,” katanya.

Sementara itu, dalam dialog secara daring, para Kader ASI Eksklusif memandang gerakan ini sebagai tonggak dari perwujudan semangat keluarga TNI untuk menghasilkan SDM yang sehat dan berkualitas.

82