Home Internasional Parlemen Libya Perintahkan Usir Dubes AS, Inggris, Perancis dan Italia

Parlemen Libya Perintahkan Usir Dubes AS, Inggris, Perancis dan Italia

Tripoli, Gatra.com - Parlemen Libya menuntut kepergian duta besar dari negara-negara yang “mendukung” Israel dalam memerangi Hamas di Gaza, dengan sasaran khusus terhadap Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Italia, pada Rabu (25/10).

AFP Rabu (25/10) melaporkan, Israel telah membombardir Jalur Gaza sejak 7 Oktober, ketika militan Hamas melancarkan serangan yang menurut para pejabat Israel telah menewaskan 1.400 orang, sebagian besar warga sipil.

Kementerian Kesehatan Palestina di Gaza mengatakan serangan Israel telah menewaskan lebih dari 6.500 warga Palestina, sebagian besar juga warga sipil.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs resminya, parlemen yang berbasis di wilayah timur – yang didukung oleh tokoh militer Khalifa Haftar di Libya terpecah antara dua pemerintahan yang bersaing – mengancam akan memotong pasokan energi jika “pembantaian” terhadap warga Palestina tidak berhenti.

“Kami meminta duta besar negara-negara yang mendukung entitas Zionis (Israel) dalam kejahatannya segera meninggalkan wilayah (Libia),” kata pernyataan itu.

Baca Juga: Israel terus Menggempur Gaza, Para Pemimpin Dunia Serukan Penghentian Konflik

“Jika pembantaian yang dilakukan musuh Zionis tidak berhenti, kami menuntut pemerintah Libya menangguhkan ekspor minyak dan gas ke negara-negara pendukungnya,” lanjutnya.

Parlemen mengecam “dengan keras” tindakan pemerintah Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan Italia”.

Dikatakan bahwa negara-negara tersebut “mendukung entitas Zionis dalam kejahatannya” di Jalur Gaza, sementara para pemimpin mereka “berceramah tentang hak asasi manusia, dan hak masyarakat untuk menentukan nasib sendiri”.

Setelah jatuhnya Moamer Kadhafi dalam pemberontakan rakyat pada tahun 2011, Libya, yang terpecah oleh kekerasan dan perpecahan antar saudara, telah diperintah oleh dua entitas yang bersaing.

Pemerintahan yang berbasis di Tripoli dipimpin Abdulhamid Dbeibah diakui oleh PBB, sementara pihak berwenang di Libya timur didukung oleh Haftar, seorang veteran tentara era Kadhafi.

Warga Libya telah berunjuk rasa di seluruh negeri dalam solidaritas dengan warga Palestina sejak perang terakhir ini terjadi, terutama setelah ledakan mematikan di rumah sakit di Gaza pada 17 Oktober yang Hamas tuduhkan dilakukan oleh Israel. Militer Israel mengatakan ledakan itu disebabkan oleh roket Palestina yang salah sasaran.

Erdogan nilai Hamas kelompok 'pembebasan' bukan 'teroris'

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dalam komentar terkuatnya mengenai konflik Gaza, mengatakan bahwa kelompok militan Palestina Hamas bukanlah organisasi teroris, tetapi kelompok pembebasan yang berjuang untuk melindungi tanah dan rakyat Palestina.

Berbicara kepada anggota parlemen dari Partai AK yang berkuasa, pada Rabu, Erdogan juga menyerukan gencatan senjata segera antara pasukan Israel dan Palestina dan mengatakan negara-negara Muslim harus bertindak bersama untuk menjamin perdamaian abadi di wilayah tersebut.

“Hamas bukanlah organisasi teroris, ia adalah kelompok pembebasan, 'mujahidin' yang melakukan pertempuran untuk melindungi tanah dan rakyatnya,” katanya, menggunakan kata Arab yang berarti mereka yang memperjuangkan keyakinan mereka.

Erdogan juga mengecam negara-negara Barat yang menyuarakan dukungan terhadap pembalasan Israel terhadap Hamas, dengan mengatakan, “Air mata Barat yang ditumpahkan untuk Israel adalah manifestasi penipuan.”

Baca Juga: Polisi Israel Menutup Masjid Al-Aqsa untuk Jamaah Muslim

Banyak sekutu Turki di NATO yang menganggap Hamas sebagai kelompok teroris, dan komentar Erdogan mendapat kecaman langsung dari Wakil Perdana Menteri Italia Matteo Salvini, yang mengatakan bahwa Hamas “sangat serius dan menjijikkan serta tidak membantu deeskalasi.”

“Saya akan mengusulkan kepada rekan saya (Menteri Luar Negeri Antonio) Tajani untuk mengirimkan protes resmi dan memanggil Duta Besar Turki,” kata Salvini dalam sebuah catatan.

Turki mengutuk kematian warga sipil akibat amukan Hamas pada 7 Oktober di Israel selatan, namun juga mendesak Israel untuk bereaksi dengan cara yang terkendali.

Sejak saat itu, Israel mengecam keras pemboman besar-besaran yang dilakukan Israel terhadap Gaza, yang dikuasai oleh kelompok militan tersebut, dan menawarkan untuk menengahi konflik tersebut, dan mengirimkan beberapa pengiriman bantuan kemanusiaan.

Erdogan menuduh Israel memanfaatkan niat baik Turki. Turki sebelumnya berupaya memperbaiki hubungan yang telah lama tegang dengan Israel dan Erdogan mengatakan ia kini telah membatalkan rencana perjalanan ke Israel, karena peristiwa di Gaza.

Turki, yang menjadi tuan rumah bagi anggota Hamas di wilayahnya, mendukung solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung puluhan tahun.

411