Home Nasional Jelang Perayaan Hari Ibu, Menteri PPPA Kunjungi Manokwari, Dorong Perempuan Jadi Lebih Mandiri

Jelang Perayaan Hari Ibu, Menteri PPPA Kunjungi Manokwari, Dorong Perempuan Jadi Lebih Mandiri

Manokwari, Gatra.com - Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-95, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) mengadakan roadshow ke tiga kota. Menteri PPPA, Bintang Puspayoga singgah di Manokwari, Papua Barat sebagai pemberhentian pertama untuk rangkaian acara yang berpuncak pada 22 Desember 2023 ini.

“Peringatan Hari Ibu bukan hanya selebrasi. Setiap tahunnya penyelenggaraan PHI harus dapat menginspirasi, mendorong, dan memacu para perempuan untuk tidak berpuas diri dengan apa yang sudah diraih saat ini,” ucap Bintang saat acara di Manokwari, Papua Barat, Sabtu (18/11).

Bintang mengatakan, tantangan yang dihadapi oleh para perempuan akan semakin kompleks. Oleh karena itu, perempuan perlu terus meningkatkan kapasitas, kompetensi, dan prestasinya. Selain itu, Bintang juga menyerukan agar para perempuan berani bersuara.

Secara spesifik, Bintang juga mendorong agar perempuan di Papua Barat bisa hidup mandiri, berdaya, dan terus mengasah keterampilan diri mereka.

“Jika setiap perempuan di Papua Barat dan Indonesia mampu mandiri maka perempuan akan memiliki bargaining position yang lebih tinggi dari sebelumnya, memiliki nilai lebih di masyarakat,” katanya.

Ia menilai, meningkatnya kemampuan perempuan juga dapat mengurangi jumlah kekerasan yang terjadi pada anak-anak atau wanita dewasa. Jumlah kekerasan ini ikut menurun seiring dengan meningkatnya pengakuan terhadap posisi perempuan di masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Bintang juga mengapresiasi komitmen Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere dalam hal memberdayakan para perempuan dan ibu-ibu di wilayahnya. Salah satunya dalam hal pemanfaatan bahan pangan lokal.

“Hal yang menarik dari Papua Barat adalah dorongan untuk pemanfaatan pangan lokal yang banyak dikelola oleh ibu-ibu di sini. Di sini ada pemanfaatan sagu menjadi mie sagu, minuman sagu dan olahan keladi. Jadi, tidak hanya tergantung pada beras,” ucap Bintang lagi.

Setelah menghadiri acara Roadshow PHI, Menteri PPA juga menyempatkan diri mengunjungi Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Papua Barat.

Pada kesempatan ini, Bintang melakukan diskusi mengenai pengelolaan dan penanganan kasus di UPTD PPA Papua Barat di Manokwari dan mendengarkan kendala yang terjadi saat penanganan kasus. Ia juga melakukan dialog dengan lima korban bullying dan korban kekerasan seksual.

132