Home Internasional Perusahan Pelayaran Hapag Lloyd - Maersk Hentikan Perjalanan melalui Laut Merah

Perusahan Pelayaran Hapag Lloyd - Maersk Hentikan Perjalanan melalui Laut Merah

Copenhagen, Gatra.com - Dua perusahaan pelayaran terbesar di dunia, Maersk dan Hapag-Lloyd, mengatakan bahwa mereka menangguhkan jalur melalui selat Laut Merah pada hari Jumat, --yang penting bagi perdagangan dunia-- setelah serangan Houthi di wilayah tersebut.

AFP, Sabtu (16/12) melaporkan, kelompok Houthi yang didukung Iran, yang menguasai sebagian besar Yaman meski tidak diakui secara internasional, mengatakan bahwa mereka menargetkan pengiriman untuk menekan Israel selama perang dua bulan dengan kelompok militan Palestina Hamas, di Jalur Gaza.

Ketegangan maritim menambah kekhawatiran bahwa konflik Gaza bisa meluas.

Perusahaan transportasi Jerman Hapag-Lloyd mengatakan pihaknya menghentikan lalu lintas kapal kontainer Laut Merah hingga 18 Desember, setelah Houthi menyerang salah satu kapalnya.

“Hapag-Lloyd mengganggu semua lalu lintas kapal kontainer melintasi Laut Merah hingga Senin,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP.

Perusahaan Denmark, Maersk, membuat pengumuman serupa beberapa waktu sebelumnya.

“Kami telah menginstruksikan semua kapal Maersk di wilayah yang melewati Selat Bab al-Mandab untuk menghentikan perjalanan mereka sampai pemberitahuan lebih lanjut,” katanya.

Maersk mengatakan hal ini menyusul “insiden nyaris celaka yang melibatkan Maersk Gibraltar kemarin” serta serangan hari Jumat, di mana militan menyerang kapal kargo Hapag-Lloyd di Laut Merah.

Baca Juga: Korban Tewas di Palestina Melonjak 18.897 Orang, Lebih 55.000 Terluka

Seorang pejabat pertahanan AS mengidentifikasi kapal tersebut sebagai al-Jasrah berbendera Liberia, kapal kontainer sepanjang 368 meter (1.207 kaki) yang dibangun pada tahun 2016.

“Kami mengetahui bahwa sesuatu yang diluncurkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi menghantam kapal ini dan rusak, dan ada laporan kebakaran,” kata pejabat itu kepada AFP, yang berbicara tanpa menyebut nama, sehingga dia bebas mendiskusikan masalah intelijen.

Komando Pusat AS di Timur Tengah (CENTCOM) mengonfirmasi di X, sebelumnya Twitter, bahwa “sebuah UAV” menghantam al-Jasrah sehingga menyebabkan kebakaran yang berhasil dipadamkan.

Kapal disita

Juru bicara Hapag-Lloyd mengatakan kepada AFP bahwa, “Telah terjadi serangan terhadap salah satu kapal kami.”

“Kapal itu dalam perjalanan dari pelabuhan Piraeus di Yunani ke Singapura. Tidak ada korban jiwa dan kapal tetap melanjutkan perjalanan ke tujuannya,” tambahnya.

Pada hari yang sama saat unjuk rasa pro-Palestina di ibu kota Yaman, Sanaa, para militan mengatakan mereka menyerang dua kapal lain di daerah tersebut.

“Kapal kontainer MSC Palatium dan MSC Alanya menjadi sasaran dua rudal angkatan laut saat mereka menuju entitas Israel,” kata juru bicara Houthi, Yahya Saree dalam siaran di saluran televisi kelompok militan tersebut.

Mereka mengatakan, dalam serangan sebelumnya, kapal Maersk Gibraltar “ditargetkan dengan drone dan serangannya langsung.” Menurut seorang pejabat AS, rudal tersebut meleset.

Saree mengatakan serangan itu terjadi setelah awak kapal menolak untuk menanggapi panggilan angkatan laut Yaman, dan hal itu dimaksudkan sebagai pembalasan atas “penindasan terhadap rakyat Palestina.”

CENTCOM mengatakan MSC Alanya hanya diancam tetapi tidak diserang, sedangkan Palatium terkena salah satu dari dua rudal balistik yang ditembakkan.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting pada tanggal 9 Desember di media sosial, kelompok Houthi mengatakan mereka akan mencegah lewatnya kapal-kapal yang menuju ke Israel – terlepas dari kepemilikannya – jika makanan dan obat-obatan tidak diizinkan memasuki Gaza yang terkepung dan dikuasai Hamas.

Pada hari Selasa, mereka mengaku bertanggung jawab atas serangan rudal terhadap kapal tanker berbendera Norwegia.

Bulan lalu, mereka menyita kapal kargo terkait Israel, Galaxy Leader, dan 25 awak internasionalnya.

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock pada hari Jumat mengatakan serangan Houthi tidak hanya membahayakan keamanan Israel, tetapi juga rute pelayaran internasional.

Berbicara di Tel Aviv, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan menyatakan keprihatinan serupa dan mengatakan Washington bekerja sama dengan komunitas internasional,“untuk menghadapi ancaman ini.

Jalur minyak dan gas

Ketika ditanya pada konferensi pers di Oslo tentang potensi konflik yang lebih luas setelah serangan Houthi, Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan: “Wilayah kami sangat kompleks dan kami tidak memerlukan konflik lain untuk meletus.”

Koalisi Arab selama bertahun-tahun mendukung pemerintah Yaman melawan Houthi, namun gencatan senjata yang ditengahi PBB sebagian besar telah dilaksanakan sejak berakhirnya setahun yang lalu.

Menteri Pertahanan Iran Mohammad-Reza Ashtiani pada Rabu memperingatkan kemungkinan pengerahan pasukan multinasional di Laut Merah, yang menurutnya akan menimbulkan masalah luar biasa,” kata kantor berita ISNA.

Serangan terhadap al-Jasrah terjadi di dekat Bab al-Mandab, selat sempit antara Yaman dan Afrika timur laut, yang dilalui sekitar 20.000 kapal setiap tahunnya.

Daerah tersebut mengarah ke Laut Merah, fasilitas pelabuhan selatan Israel dan Terusan Suez, menjadikannya bagian dari rute strategis untuk pengiriman minyak dan gas alam ke Teluk.

Kelompok Houthi telah menyatakan diri mereka sebagai bagian dari “poros perlawanan” kelompok yang berafiliasi dengan Iran.

Kapal perang Barat berpatroli di wilayah tersebut dan telah beberapa kali menembak jatuh rudal dan drone Houthi.

357