Home Apa Siapa Qatar Umumkan Pengiriman Bantuan ke Gaza

Qatar Umumkan Pengiriman Bantuan ke Gaza

Doha, Gatra.com - Israel dan Hamas telah mencapai kesepakatan untuk mengizinkan pengiriman obat-obatan kepada para tawanan Israel yang ditahan di Jalur Gaza dan bantuan untuk diangkut ke penduduk di wilayah Palestina yang terkepung, demikian diumumkan Qatar.

Kesepakatan tersebut akan membuat bantuan kemanusiaan dikirimkan kepada warga sipil di "daerah yang paling terkena dampak dan rentan" di Gaza dengan imbalan pengiriman obat-obatan kepada para tawanan Israel yang ditahan oleh Hamas, kelompok yang memerintah Gaza, Kementerian Luar Negeri Qatar mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa.

Nego Berminggu-minggu

Juru bicara kementerian Majed al-Ansari mengatakan obat-obatan dan bantuan akan meninggalkan Doha pada hari Rabu (17/1) menuju kota El Arish, Mesir, sebagai persiapan untuk pengiriman ke Jalur Gaza.

Ia mengatakan kesepakatan ini dimediasi oleh Qatar yang bekerja sama dengan Prancis.

Sebelumnya, Philippe Lalliot, kepala Pusat Krisis Kementerian Luar Negeri Prancis, yang mengorganisir upaya bantuan, mengatakan negosiasi telah berlangsung selama berminggu-minggu dan ide awalnya datang dari keluarga beberapa sandera Israel.

Paket-paket medis khusus untuk beberapa bulan, yang dikumpulkan di Prancis, akan dikirimkan kepada masing-masing dari 45 sandera. Komite Palang Merah Internasional akan berkoordinasi di lapangan.

Lebih dari 100 tawanan dibebaskan selama gencatan senjata selama seminggu pada akhir November setelah negosiasi panjang yang dimediasi oleh Qatar dan Amerika Serikat. Sebagai gantinya, Israel membebaskan ratusan tahanan Palestina dari penjara.

Sebelumnya pada hari Selasa, Gedung Putih mengatakan bahwa Utusan AS untuk Timur Tengah, Brett McGurk, berada di Doha dalam beberapa hari terakhir untuk mendiskusikan kemungkinan kesepakatan untuk pembebasan tawanan.

39