Home Olahraga Piala Afrika: Kamerun Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar, Andre Onana Diparkir

Piala Afrika: Kamerun Lolos Dramatis ke Babak 16 Besar, Andre Onana Diparkir

Bouake, Gatra.com - Kamerun secara dramatis mampu lolos langsung ke babak 16 besar Piala Afrika.

Ini tejadi setelah Kamerun menaklukkan Gambia dengan skor 3-2 dalam pertandingan yang berlangsung di Peace of Bouake Stadium, Pantai Gading, Rabu (24/1) dini hari WIB.

Baca Juga: Laju 'Djoker' Djokovic Belum Terbendung, Raih Gelar ke-25 Grand Slam?

Tambahan tiga angka ini membuat Kamerun berada di peringkat kedua klasemen akhir Grup C. Sama-sama mengemas 4 poin, Kamerun unggul agresifitastas gol dari Guinei yang berada di peringkat ketiga. Di babak 16 besar, Kamerun akan bertanding melawan Nigeria.

Guinea sendiri di laga terakhirnya kalah 2-0 dari Senegal. Namun Guinea masih berpeluang lolos ke babak gugur dengan status peringkat ketiga terbaik.

Melawan Gambia, pelatih Kamerun Rigobert Song memarkir kiper Andre Onana di bangku cadangan. Song mempercayakan mistar gawang dikawal oleh Fabrice Ondoa.

Onana sendiri bermain di laga kedua saat Kamerun bertemu Senegal. Hasilnya, Kamerun digulung dengan skor 3-1.

Gambia sendiri sedianya tampil agresif. Mereka mampu mengancam gawang Kamerun sebanyak 7 kali. Beruntung Ondoa mampu tampil maksimal melakukan sejumlah penyelamatan.

Di babak pertama, skor kedua negara masih sama kuat 0-0.

Baca Juga: Anna Kalinskaya Cicipi Perempat Final Pertama

Pada babak kedua, Kamerun membuka skor lebih dulu di menit ke-56 melalui Karl Toko Ekambi. Gambia menyamakan kedudukan di menit ke-72 melalui Ablie Jallow.

Pada menit ke-85, Gambia berbalik unggul lewat gol Ebrima Colley. Beruntung gol bunuh diri pemain Gambia James Gomez di menit 87, membuat Kamerun menyamakan kedudukan.

Gol kemenangan Kamerun hadir di menit 90+1. Christopher Wooh sukses membobol gawang Gamba untuk membuat skor menjadi 3-2 sekaligus membawa Kamerun meraih kemenangan.

67