Home Pemilu 2024 TKN Terbuka Jika Jokowi Akan Turun Gunung

TKN Terbuka Jika Jokowi Akan Turun Gunung

Jakarta, Gatra.com- Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk menggunakan atau tidak haknya berkampanye di Pilpres 2024. Namun, TKN Prabowo-Gibran menurutnya akan senang dan gembira jika memang Jokowi ikut turun gunung. 

"Kami menyerahkan sepenuhnya hak itu kepada Presiden Joko Widodo. Jika beliau akan berkampanye kami akan dengan sangat bergembira dan senang sekali beliau akan turun gunung," kata Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis (25/1)

Kalau Jokowi tidak turun gunung, kata Muzani, TKN Prabowo-Gibran juga tetap menghormati keputusan tersebut. Sebab pihaknya merasa percaya diri Prabowo-Gibran akan memenangkan Pilpres 2024 sekali putaran. 

"Tapi jika beliau akan tetap seperti ini, tidak berkampanye, kami hormati dan kami juga percaya diri bahwa Prabowo-Gibran menang satu putaran," katanya. 

Selain itu, Muzani juga menanggapi kritik dari kubu Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin terhadap pernyataan Jokowi soal presiden dan menteri boleh kampanye dan memihak asal tidak menggunakan fasilitas.

Menurut Muzani kedua pihak kompetitornya tersebut telah memberikan tanggapan berlebihan atas pernyataan Jokowi tersebut. Padahal Jokowi menurutnya hanya menjelaskan terkait norma dalam undang-undang yang memang memperbolehkan menteri dan presiden berkampanye dengan syarat dan ketentuan. 

"Presiden hanya mengemukakan sebagai sebuah norma di mana undang-undang memungkinkan. Lantas ditanggapi itu secara berlebihan. Ada kekhawatiran ada tendensi seolah-olah presiden tidak netral. Lah wong presiden belum berkampanye," pungkasnya. 

17