Home Gaya Hidup Mengenal Equatorise, Salah Satu Mitra dalam Kongres AIM 2023

Mengenal Equatorise, Salah Satu Mitra dalam Kongres AIM 2023

Jakarta, Gatra.com - Equatorise, melalui perannya sebagai Mitra Pengetahuan, dengan bangga mengambil bagian dalam Kongres Pertemuan Investasi Tahunan atau Annual Investment Meeting (AIM) 2023. AIM adalah sebuah organisasi internasional independen yang mendorong pertumbuhan ekonomi dan menangani isu-isu global, didukung oleh AIM Foundation. 

Kongres ini menjadi tempat bagi berbagai sektor untuk berdiskusi tentang peluang investasi dan tren terkini di pasar negara berkembang serta menjajaki potensi kemitraan. Salah satu kawasan utama yang difokuskan adalah kawasan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Terdiri dari 10 ekonomi, ASEAN sendiri telah menjadi salah satu kawasan yang mengalami pertumbuhan tercepat di tahun 2022. Kondisi ini diperkirakan akan tetap demikian di tahun 2023. Melihat pada pasar yang beragam, ukuran ekonomi yang bervariasi, dan populasi yang bergerak cepat, Asia Tenggara menghadirkan peluang luar biasa untuk para investor global.

Apa Bahasan dalam Kongres AIM 2023? 

Pada tanggal 8 Mei 2023, The Regional Focus Centre akan menyelenggarakan diskusi tentang "Investing to the New Epicentre of Global Growth : ASEAN" dalam sesi Fokus Regional ASEAN. Dalam sesi ini, para pembuat kebijakan, pemimpin bisnis, dan investor akan bertukar pengetahuan. 

CEO & Managing Partner of Equatorise Steven Marcelino (kiri) saat tampil dalam AIM 2023. (IST)

Fokus bahasannya adalah mengenai bagaimana dunia usaha dapat mendukung integrasi ekonomi regional ASEAN. Tentu saja dengan fokus pada transformasi digital, pembangunan berkelanjutan, ketahanan kesehatan, fasilitasi perdagangan dan investasi, serta ketahanan pangan. 

Menjadi suatu kebanggaan memiliki Managing Partner, Steven Marcelino, sebagai moderator dalam sesi ini. Ia mampu memberikan peluang besar untuk memahami prospek investasi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di kawasan ASEAN. 

Para ahli juga membahas bagaimana ASEAN Centrality bertujuan untuk menciptakan masa depan yang lebih inklusif di Asia Tenggara. Hal tersebut dengan memanfaatkan pasar yang beragam, populasi yang dinamis, dan perkembangan terbaru di sektor-sektor seperti energi berkelanjutan dan teknologi tinggi. 

Dengan proyeksi pertumbuhan yang tinggi di tahun 2023, fokusnya adalah pada memperkuat kerja sama untuk mendukung pembangunan di masa mendatang. Termasuk juga memberikan peluang bagi investor global untuk ikut serta dalam pertumbuhan kawasan ini.

Peningkatan kerja sama di sesi Equatorise ini diharapkan dapat menciptakan iklim investasi yang menguntungkan. Dimana diadakannya kongres tersebut mampu membuka peluang bagi bisnis untuk memperluas operasi mereka serta terlibat dalam proyek bersama yang signifikan.

Sekilas Mengenai Equatorise

Equatorise merupakan sebuah lembaga penasihat internasional yang bertujuan untuk mendukung perusahaan dan kantor keluarga di Indonesia dalam mengakses peluang di Inggris dan Uni Eropa. Lembaga ini juga membantu perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga berbasis di Inggris/UE.

Tujuannya adalah untuk memperluas kehadiran mereka di Indonesia, sebuah kekuatan yang tengah berkembang di kawasan Indo-Pasifik. Selain itu, lembaga ini juga mampu membantu klien mencapai terobosan dan menemukan peluang transformasi ganda pada dekade ini. 

Hal tersebut berakar dari perubahan digital dan transisi menuju masa depan net zero pada tahun 2050 atau lebih awal. Mengapa Equatorise? Karena perusahaan telah memiliki pemahaman yang mendalam tentang regulasi dan lanskap pasar, serta keterlibatan yang kuat dalam peristiwa global yang penting.

Tahun ini, Kongres AIM 2024 akan kembali diadakan tanggal 7 - 9 Mei 2024 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Kongres ini menyatukan pemerintah, UKM, startup, serta investor untuk menghadapi tantangan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan lanskap investasi serta memanfaatkan peluang baru untuk pembangunan ekonomi global. 

109