Home Mikro HUT ke-44 Tahun, Dekranas Bagi Sembako Hingga Kirab Budaya dan Expo

HUT ke-44 Tahun, Dekranas Bagi Sembako Hingga Kirab Budaya dan Expo

Jakarta, GATRA.com- Ketua Panitia HUT Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, puncak perayaan HUT Ke-44 Dekranas akan diselenggarakan di Surakarta (Solo), Jawa Tengah, 14-15 Mei 2024 mendatang. Acara syukuran ini juga akan disertai dengan pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dimana akan ada 278 stan UMKM di Alun-Alun Pura Mangkunegaran.

"Puncak HUT Ke-44 Dekranas tanggal 14-15 Mei mendatang di Solo. Acaranya syukuran, lalu expo mengundang UMKM se-Indonesia," kata Loemongga dalam acara Bakti Sosial HUT Ke-44 Dekranas di Rumah Kriya Asri/Kantor Pusat Dekranas di Jakarta, Minggu (3/3).

Selain pameran, menurut Loemongga, puncak HUT Ke-44 Dekranas ini juga akan dimeriahkan dengan kirab budaya dan pawai mobil hias dari Dekranasda seluruh provinsi di Indonesia. "Puncaknya kirab budaya dan mobil hias dengan ciri khas masing-masing provinsi," ujar dia.

Baca juga: Peran Desainer Penting Dukung Produk Kriya Tembus Pasar Global

Sebagai informasi, dalam bentuk rangka merayakan HUT Ke-44 ini, Dekranas juga menggelar acara bakti sosial dengan memberikan 500 paket sembako murah yang masing-masing senilai Rp250.000. Namun dapat ditebus dengan harga Rp50.000.

Paket sembako ini dapat ditebus oleh masyarakat sekitar Rumah Kriya Asri/Kantor Pusat Dekranas di Jakarta. Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian menambahkan bahwa pada Senin, 4 Maret 2024 Dekranas juga akan melaksanakan bakti sosial lebih luas bersama Ibu Negara Iriana, Joko Widodo selaku Pembina Dekranas.

"Besok 4 Maret, Dekranas akan membagikan 20 ton beras kepada masyarakat di Bogor. Ini kerja sama dengan Bapanas (Badan Pangan Nasional)," ungkap Tri. 

Baca juga: Kriya Impor Saingan Kriya Nusantara, Ini Upaya Dekranas

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin mengatakan kalau Dekranas telah tumbuh berkembang dan menjadi inspirasi bagi banyak individu. Namun ia mengingatkan bahwa ke depan masih banyak tantangan menanti.

"Dengan semangat kebersamaan dan komitmen, saya yakin kita dapat menghadapi dengan baik. Bersama kita dapat memperjuangkan visi-misi Dekranas terutama di akhir masa bakti kita tahun 2024 ini," pungkasnya.

79