Home Teknologi Aplikasi Coding Assistant Warnai Perkembangan AI

Aplikasi Coding Assistant Warnai Perkembangan AI

Jakarta, Gatra.com - Perkembangan Artificial Intelligence (AI) di dunia turut berdampak dalam kehidupan sehari-hari. Aksesibilitas para pengguna kecerdasan buatan generatif atau Generative AI (Gen AI) sebagai asisten sebuah profesi juga semakin umum ditemui.

CEO dan Founder PT Innovation Cloud Services (ICS) Compute Budhi Wibawa mengungkapkan bahwa ke depan, Gen AI akan semakin mendominasi dan digunakan lebih banyak sektor.

"Saya rasa semua orang di industri sepakat bahwa Gen AI akan mendominasi kehidupan, proses bisnis, porduksi, dan lainnya. Tapi memang saat ini, karena teknologi baru, masih berkembang. Suatu hari penggunaan Gen AI akan semakin masif," ujarnya di Jakarta, Kamis (25/4).

Pada dasarnya, keberadaan gen AI harus membantu efektivitas pekerjaan bagi setiap sektor. Penggunaan Gen AI saat ini umum ditemui di sektor industri kreatif seperti keberadaan ChatGP, hingga Image AI yang mulai sering ditemui.

Pengembangan Gen AI bagi pengguna, hingga seperti apa manfaatnya bagi setiap pekerjaan khusus akan terus dijalankan. Terbaru, pihaknya meluncurkan platform Gen AI berbentuk coding assistant yang bisa digunakan masyarakat.

Sebagai ahli di bidang teknologi, ia melihat kebutuhan assistant coding ini sangat diperlukan untuk mempersingkat waktu bekerja. Ini juga bisa menjadi sarana belajar bagi programmer yang ingin mengembangkan kemampuannya.

Ia menjelaskan bahwa teknologi GenAi yang bernama Redpumpkin Code ini dapat diperintah untuk menghasilkan berbagai kode program yang sesuai dengan konteks yang sedang dikerjakan oleh developer. Teknologi ini juga mendukung berbagai bahasa pemrogaman seperti Phyton, Nodejs, PHP, Golang.

Aplikasi ini bisa diakses secara bebas dan gratis dan oleh masyarakat. Persoalan privasi atau kerahasiaan turut dijamin sehingga keamanan data akan terjaga.

“Software AI yang bernama Redpumpkin AI Coding Assistant regional Jakarta ini resmi dibuka untuk membantu para developer lokal agar dapat berkarya lebih efektif dan comply terhadap aturan yang ada," ujar dia. 

 

33