Home Regional Khofifah Sebut Presiden Jokowi Minta Rektor Siapkan Konsep Percepatan Indonesia Emas

Khofifah Sebut Presiden Jokowi Minta Rektor Siapkan Konsep Percepatan Indonesia Emas

Semarang, Gatra.com - Ketua Umum PP IKA Unair Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta sejumlah rektor menyiapkan konsep percepatan Indonesia Emas dapat tercapai kurang dari tahun 2045.

Menurut Khofifah, Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih telah menyiapkan konsep percepan pendidikan maju.

“Rektor Unair Prof. Nasih menyiapkan konsep pendidikan maju di 2034. Itu artinya ada percepatan 11 tahun,” katanya pada menghadiri acara ‘Temu Alumni dan Halalbihalal Pengurus Wilayah IKA Unair Jawa Tengah’ di Kota Semarang, Rabu (1/5).

Khofifah mengajak seluruh alumni Unair untuk mendukung dan berkontribusi maksimal dalam mewujudkan percepatan Indonesia Emas bisa tercapai pada 2034.

Terkait dengan program percepatan itu, lanjut mantan Gubernur Jawa Timur itu, Rektor Unair telah membuat buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Indonesia Maju 2034.

“Buku tersebut berisi tentang pokok-pokok pikiran percepatan menuju Indonesia Emas 2024. IKA Unair akan membedah buku tersebut,” ujarnya.

Khofifah menyerahkan ‘Buku Pokok Pikiran Unair Jalan Menuju Indonesia Maju 2034’ kepada Ketua PW IKA Unair Jateng dr. Muhamad Taufiqy. 

Dalam kesempatan itu juga diserahkan SK kepungursan IKA Unair Solo.

IKA Unair, lanjut Khofifah akan membedah buku tersebut dengan mengundang orang-orang yang punya kapasitas dalam bidangnya seperti perguruan tinggi, ormas, dan pihak-pihak pengambil keputusan diberbagai lembaga pendidikan.

Bedah buku tersebut, rencananya akan dilakukan untuk kali pertama pada 14 Mei 2024 di Jakarta, kemudian dilanjut ke Medan lalu di Makasar, Jawa Tengah, dan terakhir di kampus Unair Surabaya.
“Saya berharap IKA Unair Jateng bisa membantu dalam sektor UMKM, termasuk digital ekosistemnya, karena UMKM penting menuju Indonesia Maju 2034,” ujarnya.

Wakil Rektor Unair Prof Dr Bambang Sektiari dalam kesempatan menyampaikan terima kasih kepada IKA Unair yang telah berkontribusi ikut membantu ikut memajukan kampus.

“PP IKA Uniar di bawah Ibu Khofifah telah ikut andil besar terhadap kemajuan kampus Unair. Saya sampaikan terima kasih,” katanya.

Acara Temu Alumni dan Halalbihalal Pengurus Wilayah IKA Unair Jawa Tengah dihadiri ratusan orang yang datang dari daerah, termasuk sesepuh Prof Dr. Sugeng Wahyudi, MM.

20