Home Internasional AstraZeneca akan Tarik Peredaran Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia

AstraZeneca akan Tarik Peredaran Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia

London, Gatra.com – Raksasa farmasi, AstraZeneca mengatakan bahwa mereka telah memulai penarikan vaksin COVID-19 di seluruh dunia karena “surplus vaksin terbaru yang tersedia”, sejak pandemi terjadi.

Reuters, Selasa (7/5) melaporkan, perusahaan juga mengatakan akan melanjutkan pencabutan izin edar vaksin Vaxzevria di Eropa.

“Dengan beragamnya varian vaksin COVID-19 yang telah dikembangkan, terdapat surplus vaksin-vaksin terbaru yang tersedia,” kata perusahaan tersebut, seraya menambahkan bahwa hal ini telah menyebabkan penurunan permintaan untuk Vaxzevria, yang tidak lagi diproduksi atau dipasok.

Menurut laporan media, produsen obat asal Inggris-Swedia itu sebelumnya telah mengakui dalam dokumen pengadilan bahwa vaksin tersebut menyebabkan efek samping, seperti pembekuan darah dan jumlah trombosit darah yang rendah.

Permohonan perusahaan untuk menarik vaksin tersebut dibuat pada tanggal 5 Maret dan mulai berlaku pada tanggal 7 Mei, menurut Telegraph, yang pertama kali melaporkan perkembangan tersebut.

Surat kabar Inggris tersebut mengatakan dokumen hukum, yang diajukan pada bulan Februari sebagai bagian dari proses gugatan class action, menyatakan bahwa vaksin perusahaan tersebut, "dalam kasus yang sangat jarang, dapat menyebabkan TTS".

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kondisi yang dikenal sebagai sindrom trombositopenia trombotik adalah “efek samping yang serius dan mengancam jiwa”. 

AstraZeneca yang terdaftar di Bursa Efek London mulai beralih ke vaksin virus pernapasan dan obat obesitas melalui beberapa kesepakatan tahun lalu, setelah terjadi perlambatan pertumbuhan karena penurunan penjualan obat COVID-19.

23