Home Politik Demokrat-Gerindra Temukan Chemistry, Mas Dar dan Yophi Saling Puji

Demokrat-Gerindra Temukan Chemistry, Mas Dar dan Yophi Saling Puji

Purworejo, Gatra.com - Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, melakukan safarai politik di Kabupaten Purworejo. Salah satu agendanya adalah bertemu dengan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Purworejo, Yophi Prabowo dan para pengurus partai berlambang mercy tersebut.

Pertemuan berlangsung di Rumah Makan Satu Satu, Sabtu malam (11/05/2024). Selain pengurus dan anggota Fraksi Demokrat, hadir pula Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Purworejo, Hamdan Ashari, beserta pengurus dan Caleg DPRD Purworejo terpilih.

Kepada wartawan, Sudaryono mengaku dekat dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena satu almamater.

"Partai Gerindra dan Demokrat kan sudah menjalin komunikasi di level Provinsi Jawa Tengah. Saya juga dekat dengan AHY, kebetulan kami satu almamater," kata Mas Dar, panggilan akrabnya didampingi Yophi Prabowo dan Hamdan Ashari.

Mengenai Kapolda Jateng, Irjend Pol Ahmad Luthfi, yang memuncakki survei dalam bursa Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jateng, Mas Dar enggan berkomentar. "Saya tidak monitor," ujarnya singkat.

Meskipun telah berkomunikasi dengan Partai Demokrat, namun Mas Dar masih belum mau menyebutkan siapa Bakal Calon Wagub (Bacawagub) atau kriteria yang diinginkannya.

"Ini kan baru ikhtiar menawarkan diri [pada rakyat Jateng], memperkenalkan diri," katanya.

Mas Dar menyebut, politik adalah art of possibility (seni kemungkinan). Sehingga komunikasi politik dengan parpol lain sangat penting.

"Sekarang sedang [saling] menjajaki, politik itu ada seni matriks kombinasinya, mau dan mampu. Kadang kita mau tapi kita mampu atau tidak," ungkap Mas Dar.

Dalam kesempatan ity, Mas Dar juga memuji Yophi Prabowo sebagai sosok yang pantas dan layak menjadi Bupati Purworejo.

Pujian itu dibalas oleh Yophi bahwa Mas Dar pantas menjadi Gubernur. "Saya kira Mas Dar pantas dan cocok menjadi Gubernur Jawa Tengah," puji Yophi.

Bacabup dari Partai Demokrat itu menambahkan, pertemuan dengan Partai Gerindra ini merupakan intruksi dari atas (DPD/DPP). "Kami sudah memiliki chemistry," kata Yophi.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Purworejo, Hamdan Ashari, mengatakan, kader Gerindra Purworejo akan mengikuti ikut Mas Dar, siapa pun yang akan ditugaskan sebagai Bacabup/Bacawabup Purworejo.

"Sedangkan untuk penjaringan Bacabup/Bacawabup, kami akan membuka pendaftaran minggu [pekan] depan," kata Hamdan.

177