Home Pendidikan Pentas KILA Jadi Upaya Tumbuhan Minat Terhadap Lagu Anak

Pentas KILA Jadi Upaya Tumbuhan Minat Terhadap Lagu Anak

Jakarta, Gatra.com - Pentas drama musikal Sahabat anak sukses meningkatkan kembali animo masyarakat terhadap kehadiran lagu-lagu anak. Pentas ini menjadi bagian dari dari program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) 2024 dari Kemendikbudristek yang telah memasuki tahun ke-5.

Teranyar, pementasan digelar di di The Ice Palace, Kuningan, Jakarta pada Jumat (17/5). Kegiatan pun di meriahkan oleh ratusan murid serta guru PAUD dan SD se-Jadetabek. Sebanyak 15 lagu baru tahun ini dinyanyikan Duta KILA atau juara lomba menyanyi KILA sejak 2020, yakni Zhafira Krissandria (Madiun), Rachel Aurellia (Jakarta), Dorrein Isabella (Depok), Dua Saka (Madiun), Theodore Manuel (Tangerang Selatan), dan Shabiyya Bilqis (Sidoarjo).

Disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Apresiasi dan Literasi Musik Kemendikbudristek, Edi Irawan, gelaran KILA juga menjadi upaya menumbuhkan kembali kehadiran lagu-lagu anak di Indonesia.

"KILA menjadi upaya dalam bangun ekosistem musik. Ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga orang tua yang mendampingi anak-anak," kata Edi saat ditemui di acara pementasan di Jakarta, Jumat (17/5) lalu.

Disamping melakukan pementasan serupa, Edi juga menyebut bahwa pihaknya terus melakukan dorongan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap lagu anak lewat sekolah. Upaya ini dilakukan melalui sosialisasi tentang KILA di sekolah-sekolah. Teranyar, sosialisasi dilakukan dibeberapa sekolah di Jakarta.

Rencananya, pada saat Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2024 mendatang, menjadi gelaran puncak KILA. Ia pun berharap melalui KILA, banyak lagu anak-anak yang kemudian muncul dan menghiasi ekosistem tumbuh kembang anak.

"KILA sudah berjalan lima tahun. Harapannya, banyak yang makin menggemari lagu anak. Misalnya dengan mengenalkan lagu anak-anak dengan aransemen dan membuat musik yang baru," tutur dia.

Seperti diketahui, gelaran KILA melombakan dua kategori: lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 5-7 tahun dan 8-13 tahun. Tahun ini, KILA hadir dengan lima kategori lomba, yaitu lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 5-7 tahun, lomba menyanyi lagu anak untuk kelompok usia 8-13 tahun, lomba cipta lagu anak untuk usia 5-7 tahun, lomba cipta lagu anak untuk usia 8-13 tahun, dan lomba aransemen lagu anak daerah.

Pendaftaran KILA berlangsung dari 9 Maret hingga 31 Mei 2024. Program ini tidak berbayar, dan registrasi serta persyaratan pendaftaran peserta dapat dilihat pada akun media sosial KILA.

41