Home Apa Siapa Rosan Roeslani Bagikan Momen Bersama Prabowo hingga Elon Musk di Sela KTT World Water Forum

Rosan Roeslani Bagikan Momen Bersama Prabowo hingga Elon Musk di Sela KTT World Water Forum

Denpasar, Gatra.com - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), Rosan Roeslani bertemu dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan CEO Tesla, Elon Musk di Bali baru-baru ini.

Rosan bersama beberapa tamu undangan lainnya diketahui makan siang bersama dengan Prabowo Subianto dan Elon Musk. Dalam agendanya di Bali, mantan Wakil Menteri BUMN itu juga memberikan sambutan dan menjadi salah satu pembicara dalam acara Tri Hita Karana Forum di Kampus United In Diversity, Kura Kura Bali, Denpasar pada Ahad (19/5).

Rosan memberi sambutan dan menjadi pembicara saat Plenary Session dengan tema “Your Golden Visa with New Era Bali Kerthi Roadmap for Better Business Better World”. Agenda ini merupakan forum untuk investasi berkelanjutan yang difasilitasi melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Golden Visa.

“Dalam kesempatan tersebut saya dan Elon berdiskusi tentang Starlink, layanan internet berbasis satelit," kata Rosan, Selasa (21/5).

Rosan mengungkapkan, Starlink akan menciptakan ketersediaan layanan internet secara merata di Indonesia, khususnya di daerah 3 T yaitu Tertinggal, Terdepan, dan Terluar.

Tak hanya itu, Rosan juga memberikan informasi kepada Elon Musk mengenai kemeja yang dikenakan Elon yaitu kain Endek dari Bali. Endek sering dipakai warga Bali untuk menghadiri acara formal hingga pesta pernikahan. Endek merupakan kain tradisional yang sudah terkenal di mancanegara ini dicatatkan sebagai Pengetahuan Tradisional Bali.

“Endek berasal dari bahasa setempat yaitu ‘gendekan’ atau ‘ngendek’ yang berarti diam atau tetap, tidak berubah warnanya. Sebutan tersebut muncul di tengah proses pembuatannya, yaitu pada saat diikat dan kemudian dicelup, benang yang diikat warnanya tetap atau tidak berubah atau di Bali disebut ‘ngendek’,” ujarnya.

Produksi Endek sangat dipengaruhi keyakinan dan kepercayaan Bali. Unsur budaya pada Kain Tenun Endek terdapat pada gagasan atau ide dan nilai luhur yang terkandung dalam kain ikat tradisional ini. Sedangkan unsur pesona merupakan keterampilan pengrajin atau seniman dalam mendesain dan membuat kain tradisional ini. Lalu unsur prasarana adalah meliputi alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan kain tenun itu sendiri.

“Kualitas Tenun Endek Bali ditentukan oleh kecerahan warna, kerapian, bahan benang dan motif yang ditampilkan. Setiap daerah di Bali memiliki motif dan warna Endek yang berbeda-beda,” imbuhnya.

Setelah acara forum tersebut, mantan Ketua Kadin Indonesia itu makan malam bersama Prabowo Subianto dan Elon Musk bersama beberapa tamu undangan lainnya seperti Hashim Djojohadikusumo dan Anindya Bakrie.

Dalam postingannya di sosial media Instagram pribadinya, Rosan Roeslani terlihat berbisik dengan Elon Musk. Namun, hingga kini belum diketahui apa yang dibicarakan oleh keduanya di sela KTT World Water Forum 2024.

Agenda Elon Musk Di Bali

CEO dari Tesla dan Space X Elon Musk resmi datang ke Indonesia tepatnya di Bali pada Minggu, 19 Mei 2024. Kedatangan Elon ke Bali di sambut oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Kedatangan CEO Space X itu diketahui untuk meresmikan peluncuran starlink di Indonesia. Yakni, layanan internet dengan menggunakan teknologi radio yang dipancarkan melalui satelit di orbit yang rendah dari bumi.

Elon Musk juga diketahui hadir dan memberikan pidato dalam pembukaan World Water Forum ke-10 yang juga diselenggarakan di Bali.

Dalam pidatonya Elon mengatakan bahwa sekitar 70% wilayah bumi adalah air oleh sebab itu permasalahan air bersih dipastikan bisa diselesaikan.

38