Home Politik Megawati Belum Ungkap Sikap Politik PDIP, Begini Tanggapan Ganjar

Megawati Belum Ungkap Sikap Politik PDIP, Begini Tanggapan Ganjar

Jakarta, Gatra.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, tidak mengungkapkan sikap partai terhadap Pemerintahan Prabowo periode 2024-2029 di rapat kerja nasional (Rakernas) V PDIP, melainkan akan disampaikan pada kongres April 2025.

“Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang, merupakan sebuah hal yang bersifat strategis dan selama ini selalu diputuskan dalam Kongres Partai,” ucap Megawati saat penutupan Rakernas V PDIP di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, kemarin (26/5).

Dia juga menuturkan penentuan sikap politik PDIP tidak akan diputuskan secara terburu-buru, dirinya masih memerlukan kalkulasi politik.

“Ini ‘kan juga, sikap politik partai berada di dalam atau di luar pemerintahan, gitu kan. Kalau menit ini saya ngomong ‘kan harus dihitung secara politik,” kata Presiden kelima RI itu.

Banyak yang menunggu arah sikap politik PDIP di Pemerintahan selanjutnya terutama para wartawan, lanjut dia, tetapi dia ingin ‘memainkan’ dulu hal tersebut. “Enak saja. Ini pasti wartawan yang ditunggu ini, sikap dari Rakernas V,” lanjutnya.

Dirinya mengatakan sudah membaca sebuah berita dari media ternama saat sedang sarapan. Berita tersebut berisikan bahwa sikap politik PDIP akan disampaikan pada hari terakhir Rakernas V.

“Tadi pagi Aku sambil sarapan gitu ‘kan. Aku bilang, enak saja. Iya dong, gue mainin dulu dong,” katanya dan disambut gelak tawa oleh para wartawan.

Sebelumnya, Megawati mengatakan bahwa sikap politik PDIP didasarkan pada pemikiran yang akan membawa membawa Bangsa Indonesia menjadi lebih baik, berdaulat, dan lebih berdiri di atas kaki sendiri. “Itulah landasan pilihan sikap politik kita,” katanya.

Menurutnya yang saat ini penting adalah kader PDIP turun ke akar rumput untuk persiapan Pilkada Serentak 2024 yang akan datang.

“Sudahlah, turun ke akar rumput untuk persiapan Pilkada ini. Digalang, rakyat dikasih pengetahuan. Jangan enak-enak kamu,” pungkas Megawati.

Menanggapi pidato politik Megawati di acara penutupan Rakernas V 2024, Ganjar Pranowo menyebutkan bahwa sikap politik akan disampaikan pada Kongres mendatang.

“Ya kalau sikap sebenarnya, ada di poin Rakernas kalau tidak salah. Itu akan diserahkan kepada Ketua Umum dan tadi Ibu sampaikan pasti akan disampaikan di Kongres karena terkait dengan politik yang lebih besar,” kata Ganjar saat ditemui wartawan seusai acara penutupan Rakernas V.

Lebih lanjut, dia memandang ada poin rekomendasi yang bagus sekali bagi Pemerintah agar membuat regulasi yang adil terhadap partai yang berada di dalam Pemerintahan dan di luar Pemerintahan.

41