Home Regional PDIP Umumkan Ansy Lema sebagai Bakal Calon Gubernur NTT di Pilkada 2024

PDIP Umumkan Ansy Lema sebagai Bakal Calon Gubernur NTT di Pilkada 2024

Kupang, Gatra.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, telah menetapkan Ansy Lema, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP, sebagai bakal calon gubernur dalam Pilkada Nusa Tenggara Timur (NTT) 2024. Pengumuman ini disampaikan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, pada Rapat Kerja Daerah DPD PDIP NTT di Kupang, Rabu.

"Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Prof. Dr(HC) Megawati Soekarnoputri telah mengambil keputusan menetapkan saudara Ansy Lema sebagai calon gubernur NTT yang diusung oleh PDI Perjuangan," ujar Hasto dalam keterangannya, Kamis (11/7).

Setelah pengumuman ini, PDIP akan melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain di NTT untuk membangun kerja sama politik, termasuk menentukan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ansy Lema.

"Seluruh jajaran partai akan bergerak melakukan langkah-langkah konsolidasi di dalam memenangkan saudara Ansy Lema sebagai gubernur NTT, dan ini akan senafas dengan perjuangan di pilkada tingkat kabupaten/kota," tambahnya.

Sehubungan dengan penunjukan ini, Hasto menyatakan bahwa Ansy Lema akan mengundurkan diri dari posisi anggota DPR RI. 

"Saudara Ansy Lema nanti bukan lagi pejabat negara dan ini segera kami akan lakukan proses ke KPU, kemudian ke DPR RI untuk ditentukan penggantinya, dan DPP PDIP menghargai bagaimana konsistensi di dalam semangat pejuang itu. Totalitas di dalam semangat juang ini, karakter kepemimpinan di PDI Perjuangan," jelas Hasto.

Rakerda ini juga merupakan bagian dari konsolidasi partai pasca-rakernas, serta memperpanjang kepengurusan DPD dan DPC partai hingga 2025, sesuai rekomendasi rakernas.

Dalam Rakerda DPD PDIP NTT, Hasto didampingi oleh Ketua Tim Pemenangan Pilkada Nasional PDIP yang juga Wakil Sekjen Bidang Komunikasi, Adian Napitupulu, serta Ketua DPP PDIP Bidang Jaminan Sosial, Sri Rahayu. Anggota DPR Dapil NTT, Herman Heri, Andreas Hugo Pareira, Ansy Lema, dan kader muda PDIP, Aryo Seno Bagaskoro, juga hadir bersama Ketua DPD PDIP NTT, Emi Nomleni, serta pengurus daerah dari seluruh NTT.

Atas penetapan Ansy Lema sebagai calon gubernur, Hasto meminta seluruh kader PDIP untuk dengan penuh keyakinan dan tanpa keraguan mensosialisasikan Ansy Lema di seluruh wilayah NTT.

82