Home Kebencanaan Pasar Loak Barito Kudus Terbakar, Ratusan Kios Musnah

Pasar Loak Barito Kudus Terbakar, Ratusan Kios Musnah

Kudus, Gatra.com - Sebanyak ratusan kios di Pasar Loak Barito yang berlokasi di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, musnah diamuk si jago merah, Rabu dini hari (5/6).

Kasi Kedaruratan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Ahmad Munaji, mengatakan sedikitnya 250 kios milik pedagang yang berada pada bagian belakang ludes terbakar.

"Akibat musibah ini, diperkirakan sebanyak 300 pedagang tidak bisa melakukan aktifitas," ujarnya.

Pasar Loak Barito selama ini dikenal menjajakan aneka peralatan listrik, peralatan rumah tangga, sparepart mobil dan motor. Sehingga ketika percikan bara terjadi, maka api cepat menyebar dan membesar karena banyaknya benda mudah terbakar.

"Penyebab masih dalam penyelidikan pihak terkait. Diperkirakan adanya konsleting listrik di salah satu kios yang berada di di tengah belakang pasar. Namun untuk pastinya biar diselidiki pihak berwenang," ungkapnya.

Munaji menjelaskan, musibah tersebut terjadi pada pukul 00.30 WIB. Dimana saat diketahui penjaga pasar, api sudah membesar dan tidak terkendali. Beruntung saat itu, tidak ada aktivitas di dalam pasar.

"Setelah mendengar informasi, kami segera menuju lokasi untuk melakukan tindakan pemadaman," pungkasnya.

40