Home Politik Ajak Hercules, Diah Warih Daftar Calon Wali Kota di Gerindra dan PSI Solo

Ajak Hercules, Diah Warih Daftar Calon Wali Kota di Gerindra dan PSI Solo

Solo, Gatra.com - Ketua Umum ormas Gnesia, Diah Warih Anjani, mendaftar sebagai calon wali Kota Solo dari Partai Gerindra dan PSI, Rabu, (5/6). Ia datang ditemani Rosario de Marshal, atau tokoh yang dikenal dengan nama Hercules, Ketua Umum dari organisasi masyarakat (ormas) Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB).

Diah Warih datang diiringi ratusan pendukungnya yang memadati DPC Gerindra Kota Solo. Ia datang sekitar pukul 09.00 WIB.

Diah Warih beserta rombongan diterima langsung oleh Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno, beserta jajaran pengurus Gerindra.

”Kami datang untuk mendaftar sebagai calon wali kota dari Gerindra. Sebab kami sudah punya chemistry setelah berjuang bersama saat Pilpres (Pemilihan Presiden) kemarin,” katanya.

Diah Warih (Diwa) mendaftar sebagai Wali Kota Solo karena merasa perlu memberikan kontribusi terbaik dan membesarkan Kota Solo. Apalagi menurutnya, Solo telah melahirkan sosok-sosok hebat dan para tokoh nasional.

”Karena kecintaan inilah saya memutuskan untuk ikut membesarkan Kota Solo,” ujarnya.

Terkait kedatangannya bersama Hercules, Diah mengaku, mendapat dukungan dari kawannya tersebut. Diwa mengungkapkan bahwa keduanya memiliki ormas yang sama-sama berjuang untuk kemenangan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 lalu.

”Saya mengajak beliau karena saya selalu berkomunikasi dan memohon restu. Solo ini menjadi kota yang memicu pergerakan nasional. Beliau mentor dan sahabat kami. Sekaligus kemarin organisasi yang beliau pimpin [GRIB] dan Gnesia [ormas milik Diwa] berjuang [bersama] di Pilpres,” katanya.

Sementara itu, Hercules mengatakan, mengenal Diah Warih sejak sama-sama  mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres lalu. Menurutnya, sosok Diah Warih sangat luar biasa, sebab ia merupakan tokoh yang mau turun ke akar rumput. Bukan hanya di Jawa Tengah, namun juga di beberapa provinsi di Indonesia.

”Beliau bukan hanya jalan-jalan di atas saja, tapi juga turun ke akar rumput. Jadi kerjanya tidak diragukan lagi,” katanya.

Sedangkan soal mau mendampingi Diah Warih dalam mendaftar sebagai Wali Kota Solo di Gerindra, Hercules mengatakan, untuk mendukung cita-cita Diah Warih, yakni menjadi Wali Kota Solo.

”Makanya saya datang mendampingi, semoga dari partai memberikan kepercayaan,” katanya.

Di sisi lain, Ketua DPC Partai Gerindra Kota Solo, Ardianto Kuswinarn, mengatakan bahwa Diah Warih merupakan tokoh perempuan ketiga yang mendaftar sebagai calon wali kota dari Partai Gerindra. Pasca-pendaftaran, semua berkas akan diserahkan kepada DPD Gerindra Jawa Tengah.

”Ya tidak apa-apa kalau yang mendaftar srikandi semua. Apalagi kalau penanganan stunting, perempuan bisa lebih tepat menanganinya,” kata dia.

Pasca dari Gerindra, mereka menuju DPD PSI Kota Solo. Di PSI, Diah Warih diterima langsung oleh Ketua DPD PSI Jawa Tengah, Antonius Yogo Prabowo.

”Kami terima lebih baik, masih banyak tahapan yang perlu dilakukan. Kami sudah berbincang dan beliau siap mengikuti tahapan dari PSI. Beliau mengambil formulir di kami dan langsung mengembalikan,” katanya.

49